Pikiran Rakyat
USD Jual 14.031,00 Beli 14.129,00 | Sebagian cerah, 19.6 ° C

TMMD 98 Didukung Penuh Pemkab Bandung

Ecep Sukirman
WARGA bercengkrama dengan Dandim 0609/Kab. Bandung beserta Tim Wasev Mabes TNI AD di Kampung Cibingbin Desa Arjasari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.*
WARGA bercengkrama dengan Dandim 0609/Kab. Bandung beserta Tim Wasev Mabes TNI AD di Kampung Cibingbin Desa Arjasari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu.*
SOREANG, (PR).- Pemerintah Kabupaten Bandung mengapresiasi dan mendukung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Pasalnya, dengan bantuan dan dukungan dalam program TMMD dianggap sangat membantu masyarakat, terutama dalam segi roda perekonomian warga.

Demikian diungkapkan Asisten II Pemerintah Kabupaten Bandung Marlan saat ditemui di Soreang, Kamis 27 April 2017. Marlan ditemui terkait pelaksanaan program TMMD 98 Kodim 0609/Kabupaten Bandung. Acara ini digelar di Kampung Cibingbin, Desa Arjasari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

“Program TMMD ini adalah stempel bergulir yang setiap tahun dilaksanakan dan selalu kita tingkatkan terutama untuk roda perekonomian. Selama ini, masyarakat betul-betul merasakan manfaat dari program TMMD ini. Dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bandung dalam pelaksanaan program ini kami alokasikan di APBD Kabupaten Bandung. Dengan demikian, program ini dapat berjalan dengan sinergi,” kata Marlan.

Dalam kesempatan itu, Marlan pun mengharapkan, dengan pelaksanaan program TMMD ini dapat meningkatkan wawasan kebangsaan di tingkat masyarakat.

Ditemui terpisah, Dandim 0609 Andre Wira Kurniawan menuturkan, dalam pelaksanaan program TMMD pihaknya melakukan pembangunan fisik. Selain itu pihaknya pun menggelar program non-fisik berupa pembinaan dan pemberdayaan masyarakat.

Sebagai bentuk evaluasi, bagian pelaksanaan program, pelaksanaan TMMD pun sempat dilakukan peninjauan. Peninjauan ini dari Mabes TNI AD oleh Komang GD sebagai Sahli Kasad/Kapok Jemen.

“Kita juga sempat dikunjungi tim pengawasan dan evaluasi Mabes AD. Mabes AD datang dalam rangka kunjungan peninjauan lokasi TMMD 98 tahun 2017 beberapa waktu lalu. Tim Wasev Mabesad mengapresiasi kepada masyarakat yang telah turut membantu dan bekerja sama untuk pelaksanaan TMMD 98 ini," ujar Andre

Tim pun mengharapkan semoga TMMD 98 yang telah dikerjakan baik berbentuk fisik maupun non-fisik ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan serta meningkatkan perekonomian masyarakat pada umumnya.

Sebelumnya Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Naser menyebutkan, untuk pembangunan non-fisik meliputi pelayanan untuk KB. Lalu ada juga penyuluhan keselamatan perhubungan, dan pembinaan anak terlantar 10 anak.

Selanjutnya menurut Dadang, harus ada juga pembinaan perpustakaan desa dan kearsipan. Ditambah juga pelatihan kewirausahaan bagi pembinaan teknologi pengelolaan lingkungan, dan pelayanan penerbitan akta kelahiran.***
Bagikan: