Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 27.4 ° C

Hari Bumi, Sediakan Makanan Sendiri dengan Urban Farming

Eva Nuroniatul Fahas

BANDUNG, (PR).- Hari Bumi yang diperingati setiap 22 April seharusnya menjadi momentum untuk mengingat kembali pentingnya kondisi lingkungan yang berkelanjutan (sustainable environment).  demi masa depan generasi selanjutnya.

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memperingati Hari Bumi. Menyediakan makanan sendiri bisa jadi salah satunya. Persoalan penyediaan makanan sendiri meski terlihat sepele namun memiliki pengaruh yang besar.

Hanya saja kendala orang perkotaan untuk dapat menyediakan makanannya sendiri kerap terhambat dengan keterbatasan lahan. Akan tetapi, bukan berarti tidak dapat disiasati. Pola bercocok tanam secara hidroponik dinilai bisa jadi solusi untuk memulai urban farming.

Hidroponik adalah budidaya menanam tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan nutrisi pada tanaman. Meski tidak menggunakan tanah sebagai media, metode ini tetap memerlukan air, serta unsur hara lainnya untuk mendukung pertumbuhan tanaman. 

Sebagai media tanam, dapat digunakan pasir, sabut kelapa, pecahan batu bata, batu apung, potongan kayu, bahkan bisa juga menggunakan kawat kasa nilon. Namun yang umum, digunakan media arang sekam.

Menurut Duta Petani Muda 2016 Rici Solihin, pola hidroponik sangat cocok diterapkan di perkotaan. Beberapa tanaman yang bisa dipanen melalui metode ini rata-rata sayuran baik itu sayuran hijau seperti pakcoy dan sawi, sayuran buah seperti tomat atau cabai, atau sayuran umbi seperti kentang dan wortel.

"Lebih praktis lagi karena hidroponik ujuga bisa menggunakan botol-botol plastik air mineral kemasan sebagai pengganti pot. Itu juga sekaligus menggunakan ulang sampah plastik. Tak hanya itu, tanaman hidroponik juga bisa memiliki fungsi estetik di ruangan yang sempit," ujarnya ketika ditemui di Karim Farm, Desa Pasir Langu, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jumat (21/4/17).

Budidaya hidroponik ini sendiri dapat menghasilan sayuran yang lebih berkualitas, juga bebas pupuk kimia sehingga lebih ramah lingkungan, dan lebih bernutrisi bagi kesehatan tubuh. 

Rici memberikan pelatihan menanam hidroponik kepada seratusan perwakilan karyawan Accors Grup Hotel. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) serta program internal Planet 21, yang mengambil tema “Vegetable Garden”. 

Pada kegiatan kali ini beberapa karyawan sebagai perwakilan dari enam hotel AccorHotels yang ada di Bandung, seperti Grand Mercure Setiabudhi, Novotel Bandung, ibis Styles Bandung Braga, ibis Bandung Trans Studio, ibis Bandung Pasteur, dan ibis Budget Bandung Asia Afrika bersama-sama belajar menanam sayuran dengan metode hidroponik. 

General Manager AccorHotels di Jawa Barat Patrick Sibourg berharap dengan diadakannya pelatihan seperti ini diharapkan dapat mengurangi sampah-sampah plastik berupa botol dalam rumah tangga. Juga penduduk di kota dapat tetap menanam meskipun tidak memiliki halaman rumah, dan budidaya makan sayur dapat digalakan di masyarakat.***

Bagikan: