Pikiran Rakyat
USD Jual 14.235,00 Beli 13.935,00 | Berawan, 25.9 ° C

Cimahi Technopark Sudah Bisa Digunakan

Ririn Nur Febriani

CIMAHI, (PR).- Cimahi Technopark resmi beroperasi, Kamis, 16 Maret 2017. Program unggulan telah disiapkan untuk jangka waktu 1 tahun, diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan menunjang perekonomian Kota Cimahi.

Kegiatan "Kick Off  Program dan Kegiatan Cimahi Technopark" berlangsung di Technopark Convention Hall Jalan Baros Kota Cimahi. Dihadiri perwakilan dari kementrian terkait, tim pendamping, serta UMKM Kota Cimahi.

Plt. Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, aktifnya Cimahi Technopark dinantikan terutama bagi para pelaku ekonomi kreatif agar mendapat manfaat dari pendirian technopark. "Kegiatan program berlangsung selama satu tahun, menandai mulai aktifnya Cimahi Technopark," ujarnya. 

Technopark terbangun di tahun 2016 berbiaya sekitar Rp 32 miliar. Gedung tersebut memiliki luas bangunan 5.627 meter persegi dengan bangunan tiga lantai dan ruang terbuka hijau.

Program yang diterapkan untuk awal kegiatan yaitu pendampingan terprogram inkubator bisnis dan teknologi bakal berlangsung selama 1 tahun. Diperuntukkan bagi para start up yang merupakan generasi muda hasil seleksi. 

Sedangkan program akselerator UMKM inovatif didedikasikan untuk mendampingi para pelaku UMKM yang sudah eksis, sehingga proses pertumbuhan usahanya dapat terakselerasi dengan cepat, terukur dan tepat penanganan. Programnya berupa 'Score Plus', merupakan program pendampingan intensif bagi pelaku UMKM yang berorientasi pada perbaikan manajemen dan efisiensi produksi sehingga permasalahan tersebut akan dapat terminimalisir.

Program tersebut diinisiasi oleh ILO, organisasi buruh internasional dibawah PBB yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Pemkot Cimahi dan Universitas Jenderal Achmad Yani selaku tim pendamping. "Kami selalu membuka diri dan siap untuk berkolaborasi dengan elemen masyarakat manapun demi kemajuan serta kesejahteraan masyarakat," katanya.

Keberadaan Cimahi Technopark yang akan menjadi pusat pengembangan para pelaku ekonomi lokal berbasis ekonomi kreatif. "Salah satu tujuan utamanya adalah meningkatkan kompetensi, kualitas sumber daya manusia serta daya saing produk dari para pelaku UMKM serta para start up yang nantinya akan didampingi secara intensif melalui dua program utama yang akan dijalankan. Sebuah tantangan yang sangat berat untuk dapat menjaga konsistensi konsep pengembangan technopark di Kota Cimahi," imbuhnya.

Pihaknya bakal melakukan evaluasi atas program yang berlangsung untuk perbaikan dan penyempurnaan. Termasuk soal sarana prasarana kawasan yang masih terus diupayakan.

"Bagaimana kita dapat menjadikan Cimahi Technopark ini memberi nilai kemanfaatan yang tinggi bagi seluas-luasnya kesejahteraan masyarakat Kota Cimahi. Menjadi momentum awal dari upaya percepatan pengembangan ekonomi lokal Cimahi menuju era persaingan global," pungkasnya.***

Bagikan: