Pikiran Rakyat
USD Jual 14.210,00 Beli 13.910,00 | Berawan, 20 ° C

Technopark Cimahi Bisa Jadi Percontohan

Ririn Nur Febriani
DEPUTI Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Badan Penerapan dan Pengkajian Gatot Dwianto bersama jajaran Pemkot Cimahi mengunjungi gedung Technopark Cimahi di Jalan Baros, Kota Cimahi, Selasa 7 Februari 2017.*
DEPUTI Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Badan Penerapan dan Pengkajian Gatot Dwianto bersama jajaran Pemkot Cimahi mengunjungi gedung Technopark Cimahi di Jalan Baros, Kota Cimahi, Selasa 7 Februari 2017.*

CIMAHI, (PR).- Technopark Kota Cimahi perlu penyempurnaan agar bisa berfungsi dengan optimal. Hal itu dapat mendorong technopark Cimahi menjadi percontohan bagi daerah lain.

Demikian diungkapkan Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Badan Penerapan dan Pengkajian (BPPT) Gatot Dwianto saat mengunjungi gedung Technopark Cimahi di Jalan Baros, Kota Cimahi, Selasa 7 Februari 2017.

 

"Technopark Cimahi sudah mengarah ke dalam fungsi Technopark yang benar. Perlu dirapikan dan disempurnakan, ini bisa menjadi contoh Technopark yang berhasil,” ujarnya.

Gedung Technopark merupakan bagian dari konsep pengembangan kawasan berbasis tekonologi, yaitu kawasan berdimensi pembangunan ekonomi dengan sentra ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendukung perkembangan ekonomi.

Dikatakan Gatot, Technopark Cimahi perlu menambah kelengkapan fasilitas dan sarana serta prasarana.

“Jadi, memang kami semprunakan sesuai dengan technopark yang berbasis kepada teknologi dan animasi,” ucapnya.

Technopark Cimahi mulai dibangun tahun 2016 lalu dengan menelan biaya sekitar Rp 32 miliar. Gedung tersebut memiliki luas bangunan 5.627 meter persegi dengan bangunan tiga lantai.

Gatot mengatakan, Kota Cimahi menjadi salah satu kota yang ditunjuk untuk mengembangkan technopark hingga 100 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Memang target nasional tahun 2019. Presiden Jokowi bercita-cita membangun 100 technopark dan salah satunya di Cimahi. Jadi, sekarang ini sesudah ada pembentukan, perlu disempurnakan menjadi technopark yang berwujud dan berfungsi,” katanya.

Ditemui di tempat yang sama, Plt. Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, Technopark Cimahi akan mendorong kemampuan teknologi dan manajemen dari klaster indsutri kreatif yang sedang dikembangkan saat ini.

“Pada gilirannya nanti, industri kreatif dapat tumbuh di Kota Cimahi dan memiliki daya unggul untuk bersaing di pasar nasional ataupun global,” katanya.***

Bagikan: