Pikiran Rakyat
USD Jual 13.896,00 Beli 13.994,00 | Langit umumnya cerah, 19.4 ° C

Jaksa "Nakal", Laporkan ke Nomor Ini

Yedi Supriadi
JAKSA Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung (Kejagung) Widyo Pramono di Gedung PT Pos Indonesia, Jalan Banda, Kota Bandung, Senin, 23 Januari 2017.*
JAKSA Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung (Kejagung) Widyo Pramono di Gedung PT Pos Indonesia, Jalan Banda, Kota Bandung, Senin, 23 Januari 2017.*

BANDUNG, (PR).- Jaksa Agung Muda Pengawasan (Jamwas) Kejaksaan Agung (Kejagung) Widyo Pramono meminta warga agar proaktif bila menemukan jaksa yang bermain kasus. Bahkan Jamwas pun mengajak organisasi profesi seperti wartawan memanfaatkan call centre yang telah dimiliki Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat (Jabar) untuk memberikan pelaporan.

"Kejati Jabar kan sudah punya call centre. Silakan telepon jika ada jaksa yang 'sumbang' dalam menangani perkara. Pasti bakal ditindaklanjuti," kata Widyo saat memberikan pengarahan kepada jaksa di jajaran Kejati Jabar di Gedung PT Pos Indonesia, Jalan Banda, Kota Bandung, Senin, 23 Januari 2017.

Dalam kesempatan tersebut,  ia mengatakan, penanganan perkara dilakukan secara profesional dan bisa dipertangungjawabkan. Jika ada jaksa nakal, masyarakat dipersilakan melapor. Dengan pelaporan cepat tersebut maka penyalahgunaan wewenang itu pun cepat mengatasi tidak sampai berkembang. Nomor call centre Kejati Jabar yang melayani pengaduan dari warga adalah di nomor 0817200665.

Menurut Widyo, ia telah mengecek langsung seluruh satuan kerja di Kejati Jabar. Di antaranya, bidang intelijen, pidana umum, maupun pidana khusus. Dan hasilnya, kata Widyo, ia puas dengan kinerja Kejati Jabar khususnya soal perilaku jaksa.

"Sudah sesuai aturan. Tapi saya tetap tekankan untuk meningkatkan pengawasan fungsional dan melekat. Juga harus tingkatkan pencegahan, kami tak ingin ada masalah. Penanganan perkara harus profesional," ujar Widyo yang didampingi Kejati Jabar Setia Untung Arimuladi. 

"Kita mengingatkan agar berbuat baik dan melaksanakan yang baik-baik," katanya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Setia Untung Arimuladi menyatakan kedatangan jamwas sangat berarti di Jawa Barat untuk memotivasi dan membawa semangat dan perubahan yang lebih baik. Kemudian Untung juga meminta kepada seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jangan sampai masyarakat dikecewakan oleh kinerja kejaksaan.

Dalam kesempatan itu, Untung menayangkan profile Kejati Jabar kepada Jamwas mengenai saber pungli. Spot iklan ini akan ditayangkan diseluruh videotron di Jawa Barat.***

 

Bagikan: