Pikiran Rakyat
USD Jual 14.449,00 Beli 14.351,00 | Umumnya berawan, 24.6 ° C

Daily Mail Beritakan Beruang Kelaparan di Kebun Binatang Bandung

Deni Yudiawan
SEEKOR beruang madu yang kelaparan mengais makanan dari pengunjung di Kebun Binatang Bandung. Foto diambil Yayasan Scorpion Indonesia, Minggu 8 Januari 2017.*
SEEKOR beruang madu yang kelaparan mengais makanan dari pengunjung di Kebun Binatang Bandung. Foto diambil Yayasan Scorpion Indonesia, Minggu 8 Januari 2017.*

BANDUNG, (PR).- Kondisi Kebun Binatang Bandung kembali mendapat sorotan. Selasa 17 Januari 2017 ini, situs berita terkemuka Daily Mail memuat berita tentang kondisi beruang madu di dalam Kebun Binatang Bandung yang mengenaskan.

Berita di Daily Mail itu menyinggung tentang nasib beruang madu berdiri meminta makanan kepada pengunjung yang melempar makanan ringan (snack) ke dalam kandang. Berita yang dilengkapi video dari organisasi pencinta satwa LSM Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group itu juga memperlihatkan seekor beruang yang sangat kurus tengah memakan kotorannya sendiri.

Menurut investigator senior Scorpion Marison Guciano, mereka telah menginvestigasi kasus beruang kelaparan di Kebun Binatang Bandung sejak pertengahan tahun 2016 lalu. Yayasan Scorpion bahkan telah menawarkan bantuan makanan dan kesehatan untuk beruang tersebut. Tetapi, pihak kebun binatang Bandung menolaknya.

Awal Januari 2017, ungkap Marison, mereka kembali memonitor kondisi beruang kelaparan di kebun Binatang Bandung. "Namun, tidak banyak berubah," tuturnya. 

Menurut Marison, Kebun Binatang Bandung telah menjadi sorotan dunia internasional dan dikenal sebagai kebun binatang yang buruk. "Tahun lalu kita juga dikejutkan oleh kematian tragis seekor gajah sumatra yang bernama Yani di sana. Kami ingin agar seluruh satwa di Kebun Binatang Bandung diperiksa kesehatannya," tutur Marison.

Tuntutan untuk penyelamatan beruang madu kelaparan di Kebun Binatang Bandung itu juga disuarakan mereka di situs Change.org dan petisi itu ditujukan untuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Konservasi Sumber Daya alam dan Ekosistemnya, serta Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati. Selain mereka, di situs Change.org juga terdapat petisi lain yang meminta Kebun Binatang Bandung ditutup karena telah menyebabkan kematian satwa-satwa di dalamnya.***

Bagikan: