Pikiran Rakyat
USD Jual 14.393,00 Beli 14.093,00 | Sebagian berawan, 23.3 ° C

Wakil Yonarhanudri-3 Juara 2 Nasional Peleton Tangkas

Joko Pambudi
BANDUNG, (PR).- Peleton 2 Baterai Badak Batalyon Arhanudri-3, mewakili Kodam III/Siliwangi, menduduki peringkat dua dalam perlombaan peleton tangkas TNI Angkatan Darat Periode II tahun 2016. Dalam perlombaan skala nasional tersebut, 26 prajurit Yonarhanudri-3 harus bersaing di antara 15 peleton yang mengikuti kegiatan.

Komandan Yonarhanudri-3, Ardian Patria Chandra menuturkan, penghargaan yang diperoleh merupakan hasil keringat dan doa dari seluruh jajaran. Oleh karena itu, rasa syukur perlu disampaikan oleh seluruh keluarga besar. "Perolehan juara 2 ini bukan karena saya, bukan karena peleton tangkas, tapi karena kita semua seluruh prajurit beserta keluarga, doa keluarga kita, doa seluruh prajurit," ujar Ardian, ditemui di Yonarhanudri-3, Jalan Menado Kota Bandung, Kamis 1 Desember 2016.

Sebagai catatan, lomba peleton tangkas ini dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. Untuk periode II tahun 2016, Peleton 2 Baterai Badak Batalyon Arhanudri-3 mewakili Kodam III/Siliwangi untuk berlomba dengan peserta 15 peleton dari seluruh Kodam dan Divisi dari seluruh Indonesia.

Materi yang diperlombakan di antaranya lari, lintas medan, renang militer, menembak, ilmu medan navigasi darat, serta how to find the fighter (HTF). Seluruh kegiatan berlangsung di Pusdik Infantri Cipatat Kabupaten Bandung Barat sejak pembukaan 24 November, hingga berakhir 30 November.

Pada akhir perlombaan, Yonarhanudri-3 mewakili Kodam III/Siliwangi mendapat perolehan nilai total 110 sebagai peringkat dua, berada di bawah peleton dari Kodam XVI/Pattimura dengan nilai 120. Penutupan sekaligus penghargaan dilaksanakan 1 Desember oleh Kepala Staf TNI AD Mulyono. Seusai penghargaan di lokasi kegiatan, seluruh prajurit peleton Arhanudri-3 yang menjadi peserta lomba kembali ke Yonarhanudri-3 untuk mendapat penyambutan sekaligus syukuran.

Ardian menuturkan, peringkat dalam perlombaan kali ini merupakan penghargaan tersendiri bagi keluarga besar Kodam III/Siliwangi. Maka pencapaian yang diraih tersebut jangan sampai membuat besar kepala. "Ingat kita masih menginjak tanah, tidak boleh sombong, tidak boleh merendahkan satuan lain," katanya.***
Bagikan: