Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 21 ° C

Jelang Idulfitri, Warga Berburu Bunga Hias

Ririn Nur Febriani
CIMAHI, (PR).- Menjelang Lebaran, masyarakat Kota Cimahi berburu bunga hias di sejumlah toko bunga di Jln. Gedong Opat Kota Cimahi, Selasa 5 Juli 2016. Permintaan bunga hias meningkat terutama bunga sedap malam, meski harga yang ditawarkan berkali lipat namun warga tetap membeli karena bunga hias menjadi bagian dari kebutuhan Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriyah.

Seperti Ina (23), dirinya memang setiap tahun berbelanja bunga hias untuk kebutuhan lebaran. "Tiap tahun memang belanja bunga, kebetulan mau dibawa mudik ke Ciamis," ujarnya.

Dirinya memborong bunga sedap malam dan berbagai bunga jenis lainnya. Bunga-bunga yang dibeli akan dipakai untuk nyekar ke makam keluarga di kampung halaman.

"Di kampung malah agak susah nyari bunga hias, jadi bawa dari Cimahi. Memang harganya lebih mahal dari hari biasa tapi ya enggak apa-apa lah setahun sekali," tuturnya.

Pemilik toko bunga Olin, mengaku permintaan masyarakat terhadap bunga hias saat Idulfitri cukup tinggi. "Beda dari penjualan hari biasa, meningkat tajam," ujarnya.

Permintaan bunga sedap malam meningkat karena menebarkan wangi yang khas, harga jual pun jadi berkali lipat. Alasannya, suplai dari daerah asal di Lembang cukup terbatas sehingga mendongkrak harga.

"Kiriman dari Lembang juga enggak bisa dapat banyak, jadinya harga cukup naik," ucapnya.

Misalnya, bunga sedap malam yang biasanya Rp 10.000 dapat 3 tangkai saat ini dijual Rp 10.000-Rp 15.000/tangkai. Bunga hias rangkai meja dari semula Rp 25.000 dijual Rp 30.000-35.000. Serta bunga krisan dan mawar dijual Rp 5.000-Rp 10.000/tangkai.

Dia mengaku mendapat keuntungan berlimpah ketika menjual bunga sedap malam. Pedagang mulai menambah stok bunga pada H-3 sebelum Lebaran.

Usahanya ini biasa di mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore. "Minimal bisa membantu menyediakan kebutuhan masyarakat," ungkapnya.***
Bagikan: