Pikiran Rakyat
USD Jual 14.317,00 Beli 14.219,00 | Sebagian berawan, 18.8 ° C

Angkot Mogok, Penumpang Dipaksa Turun

Amaliya
BANDUNG, (PR).- Unjuk rasa para sopir dan pengelola angkutan kota yang tergabung dalam Koperasi ‎Bandung Tertib (Kobanter) di Balai Kota Bandung, Kamis, 2 Juni 2016, diwarnai aksi sweeping. Para pengunjuk rasa memaksa angkot lain menurunkan penumpang.

"Ada 3 angkot kami yang di-sweeping," ujar Sekretaris Koperasi ‎Angkutan Masyarakat (Kopamas) Kota Bandung, Budi Kurnia, saat memantau demonstrasi. Budi mengakui hal itu merugikan pendapatan sopir dan pengelola.

Ada sekitar 6 penumpang yang dipaksa turun dari setiap angkot. Aksi sweeping ‎itu dilakukan di ruas Jalan Purnawarman.

Mengantisipasi kerugian lebih besar, Budi segera menginstruksikan para anggotanya untuk menempuh rute lain. Mereka yang akan memasuki Jalan Wastukancana, dibelokkan ke Jalan Kebon Jukut, Pasir Kaliki, ‎lalu Padjadjaran.

Saat ini, para perwakilan pengemudi dan pengelola angkot ‎sedang beraudiensi dengan Pemerintah Kota Bandung diwakili Dinas Perhubungan. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang diharapkan bisa ditemui langsung, sedang meninjau Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage.

‎Pengemudi angkot yang berujuk rasa yakni dari jalur Cibiru-Cicadas, Gedebage-Stasiun Hall, Riung Bandung-Dago, Elang-Ujungberung, dan Margahayu Raya-Ledeng. Ada 700 angkot yang melayani kelima jalur tersebut.***
Bagikan: