Pikiran Rakyat
USD Jual 14.503,00 Beli 14.405,00 | Umumnya berawan, 23.9 ° C

Ada Minimarket Liar di Cimahi

Ririn Nur Febriani
DPRD dan Pemkot Cimahi menggelar inspeksi mendadak pada sejumlah minimarket di Kota Cimahi, Jumat 15 April 2016.*
DPRD dan Pemkot Cimahi menggelar inspeksi mendadak pada sejumlah minimarket di Kota Cimahi, Jumat 15 April 2016.*
CIMAHI, (PR).- Komisi I DPRD Kota Cimahi bersama Satpol PP Kota Cimahi dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Cimahi menggelar inspeksi mendadak (sidak) minimarket yang menjamur di Kota Cimahi, Jumat 15 April 2016. Ditemukan minimarket yang mengaku berizin tapi tak mengantongi surat resmi, bahkan beredar surat izin diduga palsu.

Tim melakukan inspeksi ke 3 titik minimarket yaitu dua gerai di Jalan Jenderal Amir Mahmud dan satu gerai di Jalan Sudirman. Kepala Satpol PP Kota Cimahi Aris Permono menyatakan, banyak minimarket sudah habis masa izinnya. "Mestinya, mereka jangan beroperasi dulu sebelum izin baru terbit," ujarnya.

Pihaknya meminta minimarket memperlihatkan surat izin. "Kalau dicek petugas ada dokumennya. Jangan mempersulit kami," ungkapnya.

Surat izin palsu diduga dimiliki gerai minimarket yang baru buka di Jalan Sudirman. "Surat izin itu dari berbagai segi meragukan. Kami sudah menanyakan ke Bappeda secara lisan selaku dinas yang mengeluarkan izin, tidak ada register yang sama. Nomenklatur surat juga beda," ungkapnya.

Karena itu, pihaknya mendalami surat perizinan tersebut bersama pihak kepolisian. "Kalau terbukti palsu, bukan cuma pelanggaran peraturan daerah tapi ranahnya sudah pidana," tuturnya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cimahi Enil Fadahliza menyatakan pihaknya turun ke lapangan bersama dinas terkait untuk memeriksa perizinan minimarket. "Sidak ini sehubungan aduan masyarakat. Ada izin usaha diduga palsu sehingga perlu konfirmasi ke lapangan dengan dinas terkait," ujarnya.

Bahkan, muncul gerai minimarket dengan jarak sangat berdekatan dengan minimarket lain padahal memiliki merek dagang sama.***
Bagikan: