Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Umumnya cerah, 31.1 ° C

Saat Ada Petir, Mengapa Sinyal Telefon Seluler Hilang?

Gita Pratiwi A
SINYAL di telefon seluler bisa tiba-tiba menghilang saat hujan besar disertai petir. Terkadang, telefon seluler hanya bisa dipakai menelefon atau SMS, tidak untuk membuka internet. Namun, pada kebanyakan kasus justru seringkali sinyal sama sekali hilang.

Hal ini, menurut Pakar Telematika Institut Teknologi Bandung Agung Harsoyo karena ada gangguan di menara Base Transceiver Station (BTS) penyedia jaringan telefon seluler kita. Menurut dia, seluruh struktur BTS yang terdiri dari logam sehingga amat rentan mengundang sambaran petir. Apabila perlindungan BTS terhadap petir kurang baik, maka akan ada gangguan sinyal.

“Ada gangguan langsung, seperti BTS kena petir jadi tidak bisa komunikasi. Tapi, kalau tidak kontak langsung, jadi gangguan sesaat. Ketika BTS men-generate gelombang elektromagnetik, sinyal normal kembali,” ujar Agung, Kamis, 14 April 2016.

Kata Agung, butiran air hujan pun memang meredam sinyal antar BTS, maupun dari BTS ke telefon seluler.

Cara pengguna untuk kembali mendapatkan sinyal telefonnya, adalah dengan menghampiri area BTS lain yang tidak terganggu. Beruntung, tutur Agung, di kota besar jarak antar BTS tak begitu jauh. “Misalnya, di Bandung, satu telefon seluler bisa menggantungkan sinyal pada 2-3 BTS. Apalagi, di tengah kota itu bisa ada satu BTS setiap 200 meter. Jadi, mudah untuk kembali mendapatkan sinyal. Sedangkan kalau di pegunungan ada satu BTS mati, harus jalan 5-10 kilometer dulu baru dapat sinyal,” katanya.***
Bagikan: