Pikiran Rakyat
USD Jual 14.089,00 Beli 14.187,00 | Cerah berawan, 30.1 ° C

"Nyi Kujang Wadon” Jadi Penyaji Terbaik pada Pasanggiri Seni BKPP

Retno Heriyanto
BANDUNG,(PR).- Tarian “Nyi Kujang Wadon” keluar sebagai Penyaji Terbaik pada Pasanggiri Seni Tari, Musik dan Teater Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah Priangan I.

Pasanggiri seni tersbut digelar sebagai sebagai ajang wahana untuk mencari kreator-kreator seni budaya dengan latar dan akar seni budaya tradisional.

“Kegiatan yang difasilitasi pemerintah provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat ini turut memperkaya keragaman seni budaya yang harus dipertahankan eksistensinya. Selama ini, baik kualitas maupun kuantitas para kreator seni budaya Jabar sangat diperhitungkan oleh daerah pesaing seperti DKI Jakarta yang selama ini secara konsisten menyelenggarakan festival seperti ini,” ujar Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dalam sambutannya, Kamis 14 April 2016 di Teater Tertutup Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat.

Tarian “Nyi Kujang Wadon” yang dibawakan Sanggar Tari Kalang Kamuning, Cihideung mewakili Kabupaten Bandung Barat. Tarian menceritakan kegesitan pasukan wanita Pajajaran dengan kemahiran ilmu bela diri pencak silatnya bersenjatakan kujang. Tarian tersebut merupakan karya kreator muda Tresna Herdiyanti dan Kiki Komala Apriliani.***
Bagikan: