Pikiran Rakyat
USD Jual 14.020,00 Beli 14.118,00 | Sebagian berawan, 23 ° C

Pemeriksaan di Stasiun KA Cimahi Makin Ketat

Ririn Nur Febriani
PETUGAS Stasiun KA Cimahi melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang yang akan menaiki kereta api di Jln. Stasiun Kota Cimahi.*
PETUGAS Stasiun KA Cimahi melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang yang akan menaiki kereta api di Jln. Stasiun Kota Cimahi.*
CIMAHI, (PRLM).- Petugas keamanan Stasiun KA Cimahi melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penumpang yang akan menaiki kereta api di Jln. Stasiun Kota Cimahi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan pascatragedi Bom Sarinah Jakarta.

Pantauan "PR" Online di lapangan, pemeriksaan penumpang dilakukan di gerbang masuk area tunggu kereta api. Petugas melakukan pemeriksaan menggunaan alat metal detector, barang bawaan mereka pun tak luput dari pemeriksaan.

Kepala Stasiun Kereta Api (KA) Cimahi, Acep Saeful Manan mengatakan, pasca peristiwa bom di Jakarta beberapa hari yang lalu, pimpinan PT KAI menginstruksikan agar dilakukan peningkatan keamanan, terutama di area stasiun dan gerbong kereta api.

"Perhatian di stasiun itu di pintu masuk stasiun, metal detector dan memeriksa barang bawaan penumpang yang masuk," ujarnya.

Acep menuturkan, pemeriksaan yang dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat keamanan yang ada di stasiun. Jika nantinya ada kedapatan penumpang yang membawa barang berlebihan atau mencurigakan.

"Apabila terlihat ada yang mencurigakan tentu dari pihak pengamanan juga sudah mengerti untuk berperan aktif apa yang harus dilakukan," tuturnya.

Acep menjelaskan, barang-barang yang tidak boleh dibawa ke dalam kabin kereta api adalah barang-barang yang mudah meledak dan mengeluarkan bau yang tajam. Hal itu juga sudah tertera jelas di tiket penumpang. Sejauh ini, pasca perisiwa di Jakarta. Tidak ada hal yang mengganggu kestabilan volume penumpang.

"Sejauh ini alhamdulillah tidak ada, masih kondusif," tutur Acep. (Ririn N.F./A-147)***
Bagikan: