Pikiran Rakyat
USD Jual 14.012,00 Beli 14.110,00 | Umumnya cerah, 28.2 ° C

PHBS Harus Diajarkan Sejak Dini

Ririn Nur Febriani
CIMAHI, (PRLM).- Meningkatkan pemahaman masyarakat akan kesehatan, digelar penyuluhan perilaku bersih dan sehat di Rusunawa Melong Kel. CIbeureum Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi, Minggu (20/12/2015).

Pentingnya menjaga kebersian diperlukan agar masyarakat terhindar dari penyakit.

Wali Kota Cimahi Atty Suharti menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan aktivitas sehari-sehari dengan baik, sebaliknya bila sakit aktivitas menjadi terganggu bahkan harus mengeluarkan biaya untuk berobat.

”Mencegah lebih baik daripada mengobati. artinya akan lebih baik menjaga diri kita tetap sehat, daripada mengupayakan pengobatan pada saat diri kita telah jatuh sakit,” ujarnya.

Selain itu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) hendaknya menjadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-sehari. Dengan membiasakan hidup sehat ini yang dimulai dari keluarga, sehingga tercipta lingkungan sehat di wilayah pemukiman.

”Dengan membiasakan hidup sehat kita memberikan pengaruh kepada keluarga dan lingkungan untuk terbiasa hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Jika kebiasaan ini telah ditanamkan sejak dini melalui anak-anak, maka tidaklah sulit untuk melakukannya. Tanamkan prinsip bahwa kesehatan merupakan suatu “kebutuhan”, sehingga akan termotivasi untuk mencapai dan melakukannya.

"Dengan mengajarkan kepada anak-anak kita untuk selalu mencuci tangan pakai sabun, kemudian bagi bapak-bapaknya untuk tidak merokok di dalam rumah. dan juga membiasakan keluarga untuk berolah raga secara teratur dan makan makanan yang bergizi dan berimbang, seperti buah dan sayuran," tuturnya.

Secara rutin memeriksa jentik di rumah, terutama di musim pancaroba saat curah hujan mulai meningkat yang biasanya juga diikuti dengan meningkatnya penderita akibat penyakit demam berdarah.

"Jika hal ini kita lakukan, kebersihan dan kesehatan terjaga sehingga terbebas dari berbagai macam penyakit," pungkasnya. (Ririn NF/A-89)***
Bagikan: