Pikiran Rakyat
USD Jual 14.118,00 Beli 14.216,00 | Umumnya cerah, 23.8 ° C

LPM Cipadung Kidul Bersihkan Kali Cisalatri

Anwar Effendi
CAMAT  Panyileukan Ibu Uum Sumiati tengah membuka acara bulan bakti gotong royong di Kel.Cipadung Kidul Kec.Panyileukan Kota Bandung Jumat 18 September 2015.*
CAMAT Panyileukan Ibu Uum Sumiati tengah membuka acara bulan bakti gotong royong di Kel.Cipadung Kidul Kec.Panyileukan Kota Bandung Jumat 18 September 2015.*
BANDUNG, (PRLM).- Kali Cisalatri yang membentang di Sepanjang komplek BumiPanyileukan Kel.Cipadung Kidul Kec. Panyleukan Kota Bandung keberadaannya sangat penting untuk diperhatikan masyarakat Kel.CipadungKidul. Hal ini karena Kali Cisalatri menjadi satu-satunya tempat menampung air dari jalan Soekarno Hatta, sepanjang Kantor Polda Jabar hingga Bundaran Cibiru bila hujan turun.

Masyarakat Cipadung Kidul seyogyanya memiliki kepedulian terhadap keberadaan Kali Cisalatri, karena kondisinya sangat sulit dibersihkan dengan alat berat.
Ungkapan di atas disampaikan Camat Panyileukan Dra.Hj. Uum Sumiati M.Si pada pembukaan Kerja Bakti Beberesih Kali Cisalatri, Jumat (18/9/2015) di halaman Gedung SerbaGuna RW 13 Komplek Bumi Panyileukan.

Kegiatan Beberesih Kali Cisalatri yang dimulai darikawasan Pertokoan di Bumi Panyileukan hingga ke Mesjid Babu Salam ini merupakan kolaborasi antara Muspika Kecamatan Panyileukan dan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) diikuti hampir seratus personel yang terdiri dari aparat Kecamatan Panyileukan, Koramil Ujung Berung, Polsek Panyileukan, LPM Kecamatan Panyileikan, aparat Kelurahan CipadungKidul, dan warga BumiPayileukan.

H. Hero Ridwanto Ketua LPM Cipadung Kidul dalam sambutannya mengatakan warga BumiPanyileukan harus tahu betul bahwa penyebab banjir di BumiPanyileukan itu adalah seringkalinya air di Kali Cisalatri ini meluap, oleh karena itu mari jaga kebersihannya. Kegiatan beberesih ini kata Hero harusnya dapat digagas oleh Pengurus RW yang terdekat dengan lokasi Kali Cisalatri, bisa saja menghubungi Pak Lurah atau kami bila dirasa perlu.

Camat Panyileukan menyatakan bahwa untuk mengeruk sedimentasi Kali Cisalatri ini sangat susah karena pada sisi kiri kanannya diapi toleh bangunan rumah, jadi harus dikerjakan manual dengan tenaga luar biasa. Kegiatan kali ini diakuinya tidak terlalu membantu dalam menyelesaikan masalah banjir BumiPanyileukan, tapi setidaknya dengan kegiatan ini mampumembangkitkan kepedulian warga akan pentingnya aliran Kali Cisalatri, paling tidak warga tidak membuang sampah ke kalilah, jelas Uum saat ditanya tentang kemungkinan dilakukan pengerukkan.

Kegiatan kerja bakti massal yang mengiplementasikan alokasi anggaran PIPPK kota Bandung tahun 2015 ini dihadiri pula oleh Danramil Ujung Berung 1811 Mayor Inf Engkos Kosim, Wakapolsek Panyileukan AKP Kusmadi, Ketua LPM Panyileukan Yusep Suherman, Lurah Cipadung Kidul Dasep Gandalaksana, BabhinKamtibmas, Babinsa AD, para Ketua RW, para tokoh masyarakat Cipadung Kidul, Ketua TPPKK Cipadung Kidul, Ketua Karang Taruna Kel. CipadungKidul, serta warga utusan dari empatbelas RW di Kelurahan CipadungKidul. (rls/A-147)
Bagikan: