Advertorial

Modis Pisan, Program Inovatif Ajak Siswa Cinta Sains

- 2 November 2019, 03:00 WIB
PETUGAS dari PPPPTK IPA dan Pusbang Film Kemendikbud saat meninjau Modis Pisan (Mobil Pendidikan Semua Pintar Sains) di SMPN 1 Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jumat 1 November 2019.*/DOK. Abdul Muhaemin/PR

PARONGPONG, (PR).- Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) di lingkungan Kementerian Kebudayaan melakukan inovasi dalam pembelajaran IPA. Melalui program Modis Pisan (Mobil Pendidikan Semua Pintar Sains), diharapkan agar para siswa bisa antusias dalam belajar IPA yang masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan.

Kepala PPPPTK IPA Enang Ahmadi menuturkan dengan adanya program Modis Pisan bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Sains atau IPA. Program ini dikatakan dia baru tahun ini dilakukan dan menjadi pilot program yang akan terus dikembangkan.

“Ini terkait peran PPPPTK IPA bagaimana membudayakan kecintaan terhadap Sains, terutama di anak-anak sekolah. Kami mempunyai mobil keliling yang saat itu belum maksimal pemanfaatannya. Maka kami punya inovasi namanya Modis Pisan (Mobil Pendidikan Semua Pintar Sains),” katanya dalam kegiatan Modis Pisan di SMPN 1 Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jumat 1 November 2019.


 

Program Modis Pisan diakui Enang baru berjalan 3 bulan, selama 3 bulan ini sudah ada total 8 sekolah yang dikunjungi, meliputi daerah Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung bahkan sudah ke Garut. Dia juga menyambut positif respon masyarakat terutama pihak sekolah dengan adanya program ini. Pasalnya banyak sekolah yang ingin didatangi dan harus menunggu antrian.

“Kami alhamdulillah dalam 3 bulan ini sudah bisa 8 kali berkunjung ke sekolah-sekolah yang banyak grup Sains. Modis Pisan menurut masyarakat merupakan program yang keren, inovatif, dan banyak yang sekolahnya ingin dikunjungi,” ujarnya.

loading...

Lebih lanjut, untuk sekolah yang ingin didatangi oleh tim Modis Pisan, syarat yang paling utama adalah tidak hanya 1 sekolah yang mengadakan, namun terdiri dari beberapa sekolah sekitar agar bisa tersampaikan informasi secara masif.

“Pertama mereka mengajukan kepada kami PPPPTK IPA, lalu kami akan merespon diharapkan tidak 1 sekolah yang dihadirkan, tapi mengajak klub-klub sains atau sekolah lainnya. Sehingga banyak anak-anak yang mendapatkan pencerahan dan semangat untuk Sains. Sehingga Sains bisa membuat anak-anak berpikir kritis dan inovatif,” tuturnya.

Program Modis Pisan ini memiliki 2 kegiatan utama yang bisa diikuti oleh para siswa. Kegiatan pertama merupakan demonstrasi IPA dengan memberikan pembelajaran yang menyenangkan namun tetap efektif. Lalu yang kedua adalah pemutaran film tentang penanaman karakter dan film-film tentang IPA yang bekerjasama degan Pusbang Film Kemendikbud.


 

Siswa Antusias

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat Imam Santos mengaku bersykur lantaran di wilayahanya sudah 3 sekolah yang didatangi tim Modis Pisan. Dia mengharapkan agar sekolah-sekolah lain juga bisa didatangi oleh program yang positif tersebut.

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X