Senin, 17 Februari 2020
Advertorial

Tasikmalaya Jadi Juara Umum Perhelatan Pasanggiri Bahasa, Sastra, Aksara, dan Kesenian Sunda Tingkat SMA

- 6 September 2019, 11:34 WIB
PERHELATAN Pasanggiri Bahasa, Sastra, Aksara, dan Kesenian Sunda jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi Jawa Barat 2019 telah usai. Kontingen Kota Tasikmalaya berhasil memperoleh predikat juara umum dengan memboyong enam piala.*/DOK. DISDIK JABAR

BANDUNG, (PR).- Perhelatan Pasanggiri Bahasa, Sastra, Aksara, dan Kesenian Sunda jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) Provinsi Jawa Barat 2019 telah usai. Kontingen Kota Tasikmalaya berhasil memperoleh predikat juara umum dengan memboyong enam piala.

Keenam piala tersebut didapat oleh Karina Patricia Putri Kuswandi (Juara I mata lomba biantara/pidato putri), Fitri Handayani (Juara I baca tulis aksara sunda putri), Nadia Putri Utami (juara I mata lomba kawih putri), Mehmed Aga (Juara II Baca Tulis Aksara Sunda Putra), Sepia Pebrian Putra Prasetia (Juara II bercerita/ngadongeng putra), dan Rahman Fahrulhaz (Juara III kawih putra).

Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah (Cadisdikwil) VI, Ester Miory Dewayani mengapreasiasi perhelatan tersebut. Ia mengatakan mencari talenta dan bibit unggul siswa di bidang seni daerah, pasanggiri tersebut merupakan upaya untuk melestarikan nilai dan kesenian daerah.

"Kita ingin menunjukkan bahwa Sunda itu memiliki budaya yang kaya. Ini kewajiban kita, para guru, pendidik dan juga siswa untuk sama-sama menjaga kebudayaan bersama," katanya saat ditemui dalam acara penutupan di Grand Hotel Lembang, Rabu 4 September 2019.

Salah satu peserta, Ilham Nurhusain mengatakan, sebegai generasi muda harus terpanggil untuk melestarikan budaya di daerah.

"Melalui pasanggiri ini, saya mau mengajak seluruh siswa untuk melestarikan budaya sunda, salah satunya penggunaan aksara sunda yang sudah jarang digunakan," ungkap juara I baca dan tulis aksara sunda itu.

Berikut Pemenang Pasanggiri Kesenian Bahasa Sunda jenjang SMA tahun 2019

Bercerita (ngadongeng) Putra

1. Khanka Shandika (SMAN 3 Bandung)

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X