Advertorial

1.985 Jemaah Terima Manfaat Kredit Mesra Lewat 124 Rumah Ibadah

- 1 September 2019, 12:49 WIB
GUBENUR Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong program Kredit Mesra yakni pinjaman tanpa bunga dan agunan yang bisa diperoleh di masjid, gereja, pura, wihara, hingga kelenteng, kerja sama dengan Bank bjb, sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi umat.*/DOK. HUMAS PEMPROV JABAR

BANDUNG, (PR).- Pada 27 November 2018, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meluncurkan Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera), program pinjaman tanpa bunga dan agunan yang bisa diperoleh di masjid, gereja, pura, wihara, hingga kelenteng.

Pinjaman dengan plafon Rp500 ribu hingga Rp5 juta ini akan diberikan kepada perseorangan berbentuk kelompok dengan pola tanggung renteng, dengan kelompok berjumlah minimal lima orang dan maksimal 10 orang.

Kini, program yang bekerja sama dengan bjb dan rumah ibadah atau komunitas keagamaan ini sudah merangkul 1.985 mitra binaan alias jemaah melalui 124 rumah ibadah yang tersebar di Jabar.

Rinciannya, kredit disalurkan kepada 56 jemaah di Kecamatan Leuwiliang Kab. Bogor melalui Masjid Al Barokah, Masjid Al Mutaqim, Masjid Nurul Hidayah, dan Klenteng Hok Tek Bio pada November lalu.

Pada Januari 2019, Masjid Al Abrar di Kecamatan Jasinga Kab. Bogor menjadi tempat penyaluran kredit bagi 21 jemaah, disusul pemberian kredit kepada 20 jamaah Masjid Al Ghufron (Kab. Sumber) dan Masjid Al Hikmah (Kab. Bogor) di Februari 2019".

loading...

"Pada Maret tahun ini penerima manfaat meningkat jadi 215 orang (jemaah) yang berasal dari Kabupaten Tasikmalaya, Sumedang, Cirebon, sampai Kabupaten Bandung Barat," ucap Kusmana Hartadji, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat.

Lalu di triwulan kedua 2019 pada April, program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar ini bisa dinikmati 266 jemaah melalui di antaranya Masjid Al Falah (Kab. Sukabumi), Masjid Baiturohman (Kab. Soreang), hingga Masjid Ar Rohmah di Kecamatan Baranangsiang Kota Bandung.

Peningkatan signifikan sekaligus yang tertinggi di 2019 terjadi pada Mei lalu. Program ini dinikmati oleh 783 jemaah yang mendaftarkan diri melalui Masjid Miftahul Falah (Kab. Kuningan), Masjid Al Mutaqqin (Kab. Sumedang), hingga Masjid Al Ilyas di Kec. Malangbong Kab. Garut.

Menutup triwulan kedua 2019 pada Juni, program Kredit Mesra  telah memberikan manfaat bagi 312 jemaah yang berasal dari Kota Tasikmalaya, Kab. Ciamis, Kab. Majalengka, hingga jemaah Masjid Al Ma'mur di Kota Depok.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X