Jumat, 21 Februari 2020
Advertorial

Citros dan Sonagar: Manjakan Wisatawan, Kembangkan Ekonomi dan Kreativitas Warga Lokal

- 26 Agustus 2019, 10:50 WIB
BUS Wisata Citros (warna merah) di Kota Cirebon dan Bus Wisata Sonagar (putih) di Kabupaten Garut menjadi atraksi baru bagi wisatawan maupun warga lokal. Kehadiran bus wisata sebagai salah satu program Gubernur Jabar Ridwan Kamil ini ikut mendorong ekonomi warga setempat.*/DOK. ISTIMEWA

BANDUNG, (PR).- Hamparan sawah, bukit, hingga pegunungan hijau adalah lanskap alam yang dianugerahkan kepada sebagian besar wilayah Jawa Barat (Jabar) khususnya Priangan Timur.

Di Priangan Utara, makanan, batik, dan budaya lokal yang unik dan menarik juga menjadi daya tarik tersendiri. Tak ayal, pengembangan destinasi dan infrastruktur pariwisata masuk dalam prioritas pembangunan Jabar 2018-2023 di era Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum.

Bus Wisata hadir sebagai salah satu program yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk mendorong sektor pariwisata.

Bus single decker itu diberikan kepada 27 kota/kabupaten di Jabar untuk melahirkan bintang jalanan seperti Bandros (Bandung Tour on Bus) khas Kota Bandung, sekaligus katalis bagi budaya naik transportasi massal.

Program Bus Wisata ini diluncurkan oleh Emil --sapaan Ridwan Kamil pada 23 Desember 2018. Di tahap pertama, 13 Bus Wisata hasil kerja sama dengan bjb dihibahkan masing-masing satu unit untuk Kota Cimahi, Kab. Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kab. Pangandaran, Kab. Garut, Kota Cirebon, Kab. Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Purwakarta, dan Kab. Tasikmalaya.

"Bus Wisata ini salah satu program unggulan Pak Gubernur dalam rangka menstimulasi gerakan menggunakan kendaraan umum. Secara semangat dan pesan moral, bahwa sebetulnya banyak yang bisa dilakukan di daerah masing-masing menggunakan Bus Wisata," ucap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Hery Antasari.

Kini, kehadiran Bus Wisata Sonagar (Pesona Garut) di Kabupaten Garut serta Citros (Cirebon Tourism on Bus) di Kota Cirebon terbukti menjadi magnet baru bagi atraksi wisata setempat.

Menurut Ketua Organda Garut Yudi Nurcahyadi, antusiasme warga khususnya pelajar terhadap Sonagar sangat tinggi sejak bus berwarna putih itu hadir di Garut.

"Dengan TK, PAUD, RA, dipaketkan edukasi dan wisata, permintaan banyak. Kalau siang untuk masyarakat umum, start Pendopo Garut finis ke Alun-Alun lagi," ucap Yudi.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X