My Little Hidden Treasure-Wonderful Bandung Juara Video Promosi Pariwisata

Video My Little Hidden Treasure/YOUTUBE

BANDUNG, (PR).- Prestasi manis kembali diraih Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung. Setelah berhasil mempertahankan TedQual Certification dari The World Tourism Organization atau UNWTO, STP NHI Bandung kembali meraih hasil terbaik di Kompetisi Video Pariwisata Indonesia (Tourism Video Promotion Contest).

"Ini merupakan bagian dari rangkaian Pekan Ilmiah Mahasiswa Pariwisata Indonesia (PILMAPI) yang berlangsung di Politeknik Negeri Banyuwangi, Jawa Timur, 10-15 November 2017 lalu. Alhamdullilah, anak-anak berhasil meraih juara I dalam Tourism Video Promotion Contest (Kompetisi Video Promosi Pariwisata)," kata Ketua STP NHI Bandung, Anang Sutono, Sabtu 18 November 2017.

Tidak hanya meraih juara I, video Pesona Indonesia berjudul "My Little Hidden Treasure-Wonderful Bandung" itu juga meraih juara favorit. Anang mengatakan, video ini dibuat oleh tim mahasiswa STP NHI Bandung yang terdiri dari Daniel Tandijo (Program Studi Manajemen Tata Boga), Muhammad Anas (Program Studi Industri Perjalanan), dan Yoga Permana (Program Studi Manajemen Destinasi Pariwisata) dengan bimbingan langsung dari R. Fajar Widiarrachman, Dosen Bidang IT di STP NHI Bandung.

Lalu, apa yang membuat video "My Little Hidden Treasure–Wonderful Bandung" itu menarik?

Anang mengatakan, dalam video berdurasi 3 menit 25 detik itu menampilkan keindahan ragam destinasi wisata di Bandung. Dari mulai Curug Cimahi, Saung Angklung Mang Udjo, Peneropongan Bintang Bosscha, dan Kawah Ciwidey, semua ada. Selain itu ada juga Kebun Teh Rancabali, Situ Patengan, Puncak Bintang, dan wisata kuliner Surabi Setiabudi.

Pesona Alam Bandung begitu agung digambarkan. Dengan berbagai macam tempat wisata yang dimilkinya, kota ini memang menjadi salah satu destinasi terbaik untuk wisatawan.

"Ini prestasi yang membanggakan, secara internal ini menaikkan confidence level bagi para mahasiswa lainnya. Secara eksternal memperkuat credibility. Dan sudah lolos dari Calibration melalui global standart atau kriteria yang berkelas dunia," ujar Anang. 

Promosi Bandung

Lebih lanjut Anang mengatakan, bagi kota Bandung dan Jawa Barat pada umumnya, video ini tentu akan menjadi tambahan amunisi untuk semakin mengenalkan wisata di kota yang berjuluk Paris van Java ini.

Bandung memang dikenal sebagai salah satu destinasi utama bagi masyarakat. Selain wisata alam, Bandung juga memiliki produk fashion kekinian. Bandung juga terkenal karena mempunyai taman kota dan trotoar terindah di Indonesia.

Wisata belanjanya juga sangat memanjakan traveler, belum lagi wisata kulinernya yang begitu menggoda lidah. Ditambah lagi dengan dekatnya kota ini dengan jakarta, menjadikan Bandung sebagai salah satu tempat liburan paling diminati wisatawan

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, kunjungan wisatawan pada 2016 mencapai 5.000.625 orang. Terdiri dari 4.827.589 wisatawan nusantara dan 173.036 wisatawan mancanegara. Tahun ini, Pemkot Bandung menargetkan 7 juta kunjungan wisatawan.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengacungkan dua jempol untuk prestasi yang ditorehkan sekolah pariwisata binaan Kemenpar ini. Dalam berbagai kesempatan, Menpar selalu menegaskan bahwa selain selalu menjadi jawara, lulusan sekolah tinggi pariwisata harus juga mampu menjadi menjadi entrepreneur dan berwirausaha.

"Nantinya menjadi entrepreneur di sektor pariwisata itu, bisa menaikkan remunerasi atau pendapatan mereka. Juga bisa mendorong terciptanya lapangan pekerjaan baru, yang menjadi salah satu concern pemerintah," katanya.***

Baca Juga

Pengemudi Ojek Online Ditusuk di Jalan Supratman

BANDUNG, (PR).- Seorang pengemudi ojek online Grab ditusuk di depan Pussenif (Pusat Kesenjataan Infateri) Jalan Supratman Kota Bandung, Senin 25 Desember 2017 sekitar pukul 21.20 WIB. Korban mengalami luka tusuk pada bagian pinggang sebelah kiri dan mengalami luka memar di lengan kiri.

Transformasi Toko Buku Djawa Jadi Tempat Ngopi

MENJELANG pergantian tahun, tepatnya pada Desember 2017, jadi awal transformasi Toko Buku Djawa menjadi Kopi Toko Djawa. Sebuah perubahan yang halus, baik pada dekorasi dan nama bangunan, tetapi signifikan pada fungsi.