Joko Widodo Hadiri Lovely Toraja, Jusuf Kalla Datang ke Takabonerate

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla/ANTARA
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) meninggalkan Ruang Garuda seusai menghadiri Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2016 di Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat, Selasa 23 Mei 2017. BPK memberikan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap LKPP Tahun 2016 yang merupakan pemeriksaan atas pertanggungjawaban pemerintah pusat atas pelaksanaan APBN 2016.*

MAKASSAR, (PR).- Dua event besar akan berlangsung di Sulawesi Selatan. Pertama, event Takabonerate Island Expedition dan Lovely Toraja. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan datang ke dua acara besar ini. Jokowi akan hadir dan meramaikan Lovely Toraja pada Desember mendatang, sedangkan Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri Takabonerate Island Expedition di Kabupaten Kepulauan Selayar pada 27-29 November 2017.

Kehadiran dua pimpinan negeri ini tentunya akan menyedot perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Khusus Takabonerate Island Ekspedition, Jusuf Kalla malah memboyong sejumlah menteri ke Kepulauan Selayar. Pada acara tersebut wapres akan melakukan penandatanganan MoU dengan Konsorsium Sampoerna.

Penandatanganan MoU ini merupakan awal dari pembangunan megaproyek penunjang industri pariwisata seperti lapangan golf, resort, hotel bintang lima, rumah sakit internasional, dan sarana telekomunikasi.

Pemprov Sulsel sudah melakukan rapat koordinasi terkait rencana kehadiran presiden dan wakil presiden. Rapat digelar di ruang rapat Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Selasa 19 September 2017.

Soal event terdekat, yakni Takabonerate Island Expedition, Pemerintah Kabupaten Selayar telah menyusun persiapan matang untuk menyambut Wapres Jusuf Kalla.

"Tadi sudah dirapatkan di pemprov terkait rencana kedatangan Pak Jusuf Kalla. Kita sangat berterima kasih, orang kedua di negara Republik Indonesia ini datang ke Selayar. Tentunya ini ada manfaat untuk Kabupaten Selayar dengan datangnya beliau," ujar Bupati Kepulauan Selayar, Muh Basli Ali.

Selain penandatanganan MoU, Kalla juga akan meresmikan sejumlah proyek pemerintah yang baru selesai.  "Ada beberapa, seperti pelabuhan dan bandar udara, juga tentunya nanti kita harapkan Pak JK akan meresmikan penandatanganan beberapa investasi di Kabupaten Selayar, khususnya di sektor perikanan, pertanian, dan sektor pariwisata," ujar Basli Ali yang juga selaku Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir seluruh Indonesia (Aspeksindo).

Jadi nama pulau

Puncak event Takabonerate sekaligus dirangkaikan dengan perayaan Hari Jadi Selayar ke-412 tahun ini. Karena itu, Selayar sangat siap menyambut dan memberi kejutan manis kepada Wapres Jusuf Kalla.

"Kita akan perlihatkan kepada beliau dan insya Allah ada juga pemberian gelar adat kepada Pak Jusuf Kalla. Gelar adat ini akan kita rapatkan dulu dengan dewan adat, karena tidak sembarang,’’ katanya.

Sama seperti Jokowi yang menjadi nama sebuah pulau di kawasan tersebut, nama Kalla juga akan menjadi nama sebuah pulau.  ”Ini adalah bentuk apresiasi kami, apresiasi masyarakat, dengan memberikan nama 'Jokowi Island' dan 'Jusuf Kalla Island' untuk sebuah pulau di wilayah kami. Bukan sekadar penghargaan, pemberian nama itu juga untuk menarik perhatian wisatawan,” ujar Basli Ali.

Hal ini dilakukan, kata Basli karena pihaknya juga sadar bahwa pariwisata menjadi salah satu andalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Terbukti, menurut Basli,  berkat perhatian Presiden  dan upaya keras Kementerian Pariwisata (Kemenpar), berbagai hasil manis yang dikecap. Mulai dari sederet penghargaan wisata internasional sampai lahirnya beragam gebrakan wisata menarik.***

Baca Juga