Kampanye Wisata, Australia Permudah Pengurusan Visa

Ilustrasi/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Duta besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson menyatakan, pemerintahnya akan mempermudah proses pembuatan visa kunjungan ke negara tersebut. Hal itu terkait dengan promosi Australia sebagai tujuan wisata.

“Kami upayakan pengurusan Visa tujuh hingga 10 hari, jika biasanya satu bulan,” tutur Paul Grigson, di Jakarta, Senin 20 Maret 2017. Kedutaan Besar Australia bersama Tiket.com menggelar kampanye wisata melalui peluncuran serial video travel online Sobat Jalan #AussieBanget yang diharapkan mendorong wisatawan Indonesia ke Australia.

Paul mengakui, adanya promosi Australia sebagai tujuan wisata membuat pihaknya tidak tinggal diam. Untuk promosi yang dilakukan Tiket.com, Kedutaan Besar Australia menerbitkan 100 ribu visa. "Jumlah ini meningkat sepertiga dari tahun 2015," ujarnya.

Gaery Undarsa, Co Founder and Chief Communication Officer Tiket.com menuturkan, jumlah wisatawan Indonesia ke Australia mengalami pertumbuhan yang cukup baik dari tahun sebelumnya.

“Pada bulan Desember jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Australia tumbuh 40% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” tutur Gaery.

Dengan melihat pertumbuhan yang cukup positif, Gaery menegaskan kalau promosi tujuan negeri akan terus dilakukan. Setelah Australia, akan ada tujuan luar negeri yang akan dipromosikan, namun negara mana lagi yang akan dituju, masih dirahasiakan.

Diungkapkan, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke luar negeri masih sangat sedikit, yakni hanya sekitar 5% dari penjualan tiket di Tiket.com. Selebihnya adalah penjualan tiket domestik yang mendominasi penjualan.

Paul Grigson menambahkan, Australia telah lama dikenal sebagai destinasi utama bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Untuk itu, dia meyakini pencitraan Australia sebagai negara yang nyaman dan aman sudah relatif dikenal oleh masyarakat Indonesia.

“Dari sisi pariwisata, Australia merupakan salah satu kontributor terbesar kunjungan wisatawan mancanegara wisman ke Indonesia. Saya harap dengan adanya kerja sama ini, hal yang sama juga akan terjadi sebaliknya,” katanya.***

Baca Juga

Yogyakarta Ikut Tularkan Success Story Digital Destination

JAKARTA, (PR).- Siapa yang tak kenal Yogyakarta? Destinasi yang belakangan ngehits dengan digital destinationnya. Dari mulai Tebing Breksit hingga Latar Centini Tembi, Desa wisata Deso Boro Kulonprogo hingga wisata Kalibiru.