Fenomena PPDB Tahun 2018

KITA selaku orangtua mewakili sebagian dari masyarakat Indonesia kadang dibuat galau juga manakala ingin memasukkan putra putri kita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yaitu pendidikan dasar dan menengah. Hal tersebut kami sampaikan karena berkaitan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang kadangkala aturan selalu berubah-ubah setiap tahunnya, selain juga kurang sosialisasi dari instansi terkait.

Sebaiknya sistem PPDB yang sudah baik dari tahun sebelumnya tidak usah diubah secara menyeluruh sehingga juga tidak membingungkan pengelola pendidikan terutama di daerah yang jangkauannya cukup jauh dari informasi pusat. Bukankah pendidikan itu menyeluruh dari Aceh sampai Papua.

Pada PPDB tahun ini pemerintah menetapkan sistem zonasi, prestasi, dan afirmasi. Berkaitan dengan sistem zonasi, kemungkinan tujuan dari pemerintah supaya pendidikan itu merata sehingga peserta didik tidak menumpuk daftar di sekolah tertentu yang favorit menurut orangtua. Kemudian nilai hasil Ujian Nasional/NHUN tidak menjadi salah satu syarat yang utama. Berapa pun nilai calon siswa baru dan yang penting lulus, mereka bisa mendaftarkan ke sekolah berdasarkan zona tersebut.

Akan tetapi, fenomena yang terjadi di lapangan tidak semudah membalikkan tangan. Artinya, perlu sosialisasi dan informasi yang diterima oleh masyarakat secara menyeluruh. Tentu ini tugas instansi terkait, dalam hal ini Kemendikbud bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota. Dengan demikian, dunia pendidikan ini tidak selalu menuai catatan kurang baik pascapenerimaan siswa baru. Selain itu, perlu juga mendirikan sekolah baru. Kalau bisa, setiap tahun sesuai anggaran yang tersedia untuk menampung jumlah peserta didik yang setiap tahun selalu bertambah secara menyeluruh terutama di perkotaan.

Demikian saran dan masukan yang dapat disampaikan. Semoga dapat ditindaklanjuti oleh instansi terkait secara serius.

Terima kasih kepada Pikiran Rakyat atas dimuatnya saran ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

 

Suryagandi

Jalan Fajar Timur V

Blok A8 No. 20 RT 2 RW 9

Cibeber, Cimahi Selatan

Kota Cimahi 40531