Narkoba Semakin Merajarela di Indonesia

NARKOBA sekarang ini merajarela di Indonesia. Penggunaan narkoba meningkat pesat dari tahun ke tahun. Hingga kini penyalahgunaan narkoba sudah tidak bisa dicegah. Persepsi narkoba yang sebenarnya disalahartikan oleh para oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan yang banyak dan cepat. Banyak pengguna yang menggunakannya di luar dosis yang ditentukan.

Pada awalnya, narkoba adalah senyawa-senyawa psikotropika yang dipakai untuk membius pasien saat hendak operasi atau obat-obatan untuk suatu penyakit. Saat ini terdapat 68 jenis narkoba yang masuk ke Indonesia dan dikonsumsi oleh pengguna narkoba di Indonesia. Pemasok narkoba sendiri ada yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Walaupun sudah banyak pengguna yang tertangkap tangan saat menggunakannya tetapi hal itu tidak membuat mereka jera.

Pengguna narkoba paling banyak saat ini di kalangan remaja maupun dewasa. Penggunaan tersebut akibat dari coba-coba atau pergaulan yang salah. Menurut Badan Narkotika Nasional (BNN), terdapat 27,32% mahasiswa dan pelajar yang menggunakan narkoba. BNN terus berupaya untuk menurunkan penyalahgunaan narkoba.

Banyak modus baru yang saat ini digunakan oleh para oknum tidak bertanggung jawab untuk menjual barang haram itu, seperti dimasukkan ke dalam bungkus permen,bungkus rokok, dan sebagainya. Baik di kalangan biasa maupun di dunia entertaint, banyak yang menggunakannya karena narkoba sendiri mudah untuk dijual walaupun dengan cara menyelundup. Harga yang dipasarkan oknum tersebut juga bervarian, mulai dari harga yang cukup terjangkau sampai yang mahal. Maka sekarang ini banyak public figure yang terjerat kasus narkoba. Mereka menggunakan obat tersebut agar tidak merasa lelah akibat aktivitas yang cukup padat.

Seharusnya saat ini masyarakat dan pihak berwajib bekerja sama untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba dengan lebih sering memberikan penyuluhan baik ke sekolah-sekolah maupun di lingkungan RT/RW. Jika masyarakat melihat sesuatu yang mencurigakan di sekitar lingkungan, segera laporkan ke pihak berwajib agar cepat ditindaklanjuti. Para remaja maupun orang dewasa juga harus sadar akan akibatnya jika kita menggunakan narkoba. Bukan hanya kecanduan tetapi juga bisa kehilangan nyawa akibat menggunakannya secara berlebihan.

 

Renatha Irene

Jalan Bapa Supi 150/16B

Paledang, Lengkong

Kota Bandung