Opini Kepindahan Ibu Kota

BILA Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia dipindahkan ke Kalimantan, sesungguhnya hal itu hanyalah memindahkan persoalan. Namun, tidak menyelesaikan masalahnya sendiri. Mengapa? Sebuah kota tidak semata dibangun fisiknya, tetapi, sebenarnya hal itu akan memindahkan pula segenap komponen budaya yang disebut sebagai statecraft.

Adapun statecraft diterjemahkan sebagai the art of conducting affairs of state. Artinya, hal itu adalah sebuah cara atau strategi menata lembaga berdasarkan relasi atas-bawah. Jakarta, sebagai Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia, kini memiliki 34 lembaga kementerian, dan 88 buah lembaga non-struktural serta 28 lembaga non kementerian. Betapa banyaknya lembaga setingkat pemerintahan pusat, yaitu sekitar 150 buah lembaga, belum yang bersifat adhoc. Bayangkan berapa banyak kendaraan dinas mereka semua? Tentu saja, hal itu berkontribusi pula terhadap kemacetan di Kota Jakarta.

Bagi saya, bukan memindahkan ibukotanya, karena perilaku orang Indonesia masih seperti yang terlihat di Kota Jakarta, tidak lebih. Sebaiknya pindahkan semua lembaga tersebut, sesuai dengan kapasitasnya dan karakter wilayah serta potensinya. Misalkan saja, Kementerian Kehutanan dipindahkan ke Kalimantan Tengah, karena di sanalah hutan terbesar di Indonesia dan dekatkan pejabat-pejabat tersebut sesuai dengan habitatnya, bukan di kota.

Kendaraan dinasnya pun perahu, bukan mobil. Bila akan mengadakan rapat, cukup mengandalkan metode skype dan tidak perlu datang ke ibu kota, hanya untuk rapat, tidak efektif. Kepala negara dapat berkantor tidak melulu di Kota Jakarta atau di Kota Bogor saja. Akan tetapi, sebaiknya berkantor di seluruh Indonesia, berpindah-pindah. Bulan ini misalnya di Kota Yogyakarta, kemudian bulan depan di Kota Bukit Tinggi, demikian seterusnya, karena semua kantor pemerintahan di daerah adalah kantornya pula dan bawahannya pula, sehingga tidak diperlukan mendatangkan pejabat khusus guna menemaninya, karena semua pejabat daerah adalah bawahannya.

 

B Soediadi Adi Purwanto

Antropologi Unpad

Jalan Pondok Mutiara II No 4

Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi