Nomor Induk Kependudukan Bermasalah

REDAKSI yang terhormat,

Kami sekeluarga menghadapi masalah identitas kependudukan sebagai berikut. Awal Juli 2017, Disdukcapil Kabupaten Bandung menerbitkan kartu keluarga no 3204061004170002 setelah kami resmi pindah dari Kota Bandung.

Bersamaan dengan itu juga, kamiterima surat keterangan pembuatan e-KTP untuk empat orang. Akan tetapi, sejak saat itu sampai hari ini, kami merasa kehilangan kewarganegaraan RI, karena identitas kami dinyatakan tidak valid saat menggunakannya untuk berbagai keperluan, seperti buka rekening, up date kartu selular, dan berbagai keperluan anak yang sekolah di SMA dan universitas. Saya sendiri sebagai kepala keluarga terus berusaha mencari jawaban masalahnya, mulai dari bertanya ke kelurahan, kecamatan, bahkan dua kali mendatangi Disdukcapil Kabupaten Bandung.

Jawaban mereka sama bahwa di data mereka, identitas kami sudah terdaftar. Menurut pegawai Disdukcapil, masalah itu ada di Kemendagri, karena up date mereka katanya per enam bulan atau per tahun. Jadilah kami seperti penduduk liar. Padahal, kami dilahirkan dan dibesarkan di tengah-tengah negeri ini.

Kami sudah menghubungi Ditjen Kemendagri melalui nomor layanan yang kami anggap resmi, seperti yang mereka buka melalui WA, SMS, email, Facebook, tetapi semuanya tidak memberi jawaban.

Mohon bantuan pembaca, kemana saya harus lapor supaya kami bisa memiliki identitas yang benar. Saat ini kami sangat membutuhkannya, terutama untuk urusan pendidikan, karena anak bungsu sudah mau masuk perguruan tinggi.

Sebelumnya, kami ucapkan terima kasih.

 

Liber Simbolon

Jalan Sukaasri III No 2

Padasuka, Cimenyan

Kabupaten Bandung