Fakta Pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya

SOEKARNO pernah merencanakan pemindahan ibu kota melalui bukunya Soekarno & Rencana Pemindahan Ibukota di Palangkaraya karya Wijanarka. Dan bulan ini kembali mencuat perihal pemindahan ibu kota yang pengkajiannya dikatakan rampung akhir tahun ini. Sebelumnya juga pernah terjadi hal serupa pada tahun 2010, pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Palangkaraya dikatakan sangat cocok untuk dijadikan ibu kota baru menggantikan Jakarta, karena fakta yang sudah ada mengenai Palangkaraya. Tidak ada gunung berapi dan jauh dari laut menjadi salah satu acuannya karena sangat aman dari gempa yang mana juga didukung fakta peta gempa 2010 yang mengatakan juga bahwa kota Palangkaraya merupakan kota yang paling aman dari gempa.

Jakarta terancam tenggelam apabila ibu kota tidak segera dipindahkan, setidaknya itu yang dikemukakan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Karena semua hal dikerjakan di Jakarta, terjadi penumpukan penduduk, dan berdampak kepada hal yang lain. Hampir Rp 30 triliun dikucurkan 2 juta penduduk di wilayah Jakarta untuk bahan bakar (BBM).

Dengan berbagai pertimbangan yang sudah ada, sudah seharusnya ibu kota segera dipindah ke Palangkaraya. Dengan pertimbangan jangka panjang yang diberikan dengan berbagai aspek. Tidak menutup kemungkinan apabila benar-benar dipindah, Indonesia bisa lebih maju dengan ibu kota yang baru, seperti yang dilakukan Australia yang memindahakan ibu kotanya ke Canberra dan Turki ke Ankara.

Semoga dengan kembali hangatnya wacana pemindahan ibu kota, masyarakat bisa lebih aktif untuk memberikan pendapatnya dengan membaca fakta-fakta yang telah ada agar tidak terjadi miskomunikasi. Terakhir, semoga ini tidak kembali menjadi wacana yang telah terjadi pada tahun 2010.

Terima kasih kepada Pikiran Rakyat yang telah memuat surat pembaca ini. Semoga masyarakat bisa lebih berpartisipasi aktif lagi ke depannya dengan membaca ini.

 

Agung Budiman

Mahasiswa Jurnalistik

UIN SGD RT 3 RW 3 No 65

Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru

Kota Bandung