Pencurian Uang di ATM

MINGGU, 16 April 2017, pukul 7.40 pagi, saya mengambil uang di ATM BNI di SPBU Leuwigajah. Setelah uang tersebut keluar, saya cancel untuk transaksi berikutnya. Namun, kartu ATM saya tersangkut, tidak mau keluar mesin tetapi tidak juga tertelan oleh ATM tersebut.

Karena kartu ATM saya tidak mau keluar, saya berlari mengambil HP saya di mobil yang jaraknya tidak jauh dari ATM tersebut. Saya kembali lagi ke ATM tersebut bersama suami saya, sambil terus memijit tombol cancel agar kartu tersebut bisa keluar. Namun, keluarlah tulisan di monitor ATM tersebut, ”Tarik tunai tanpa kartu silakan masukan 16 digit.” Lalu keluar lagi tulisan, silakan masukkan empat kode yang terkirim lewat SMS. Hal ini baru saya temukan di ATM.

Tanpa menunggu lama, saya menelefon Call BNI dengan nomor Call BNI yang tepat ada di hadapan saya (terdapat stiker Call BNI di dekat monitor ATM). Dari call center tersebut, saya hanya diminta tanggal lahir. Customer service tersebut mengatakan bahwa rekening saya sudah berhasil diblokir.

Namun, tidak lama kemudian, saya dihampiri oleh tukang parkir dan mengatakan bahwa mesin ATM tersebut bermasalah. Stiker Call BNI yang tertempel di mesin ATM tersebut palsu. Katanya, ada orang yang sengaja menempelkan di mesin tersebut.

Saya pun tersadar sudah menelefon ke Call BNI yang salah. Kemudian saya menelefon ke Call BNI yang tertera di pintu masuk ATM. Customer service-nya menanyakan lebih detail dari nomor rekening, nama saya, nama ibu kandung, dan tanggal lahir. Setelah itu, dia menyebutkan bahwa saldo terkahir saya tinggal Rp 76.000.

Saya bingung kok bisa semua saldo saya habis dalam waktu yang sangat singkat. Kemudian saya ke Bank BNI Dago untuk mencetak transaksi terakhir saya. Di situ terlihat pukul 7.40 ada penarikan tunai oleh saya di ATM BNI dan pada pukul 7.48 ada penarikan seluruh sisa saldo saya di ATM bersama. Berarti, dalam waktu hanya delapan menit, pencuri tersebut bisa langsung mengambil uang saya tanpa kartu dan nomor PIN.

 

Puspita Dewi

Jalan H Sapari Gang Sauyunan

No.186/91 Cibadak, Astana Anyar

Kota Bandung

Telf. 081321637399