Tak Berfungsinya ”Yellow Box Junction”

PENGENDARA motor atau mobil jika melintas di perempatan lampu merah Pahlawan, lampu merah Cicaheum, pasti pernah melihat garis berbentuk persegi panjang, berwarna kuning, berukuran besar, tergambar di aspal. Kotak tersebut disebut yellow box junction (YBJ). YBJ adalah marka jalan yang bertujuan mencegah kepadatan lalu lintas di jalur dan berakibat pada tersendatnya arus kendaraan di jalur lain yang tidak padat. Dengan YBJ, diharapkan kepadatan di persimpangan tidak terkunci.

YBJ sangat berguna di persimpangan-persimpangan jalan yang padat. Pada jalan-jalan utama serta saat waktu puncak kepadatan lalu lintas. Adanya YBJ ini walaupun lampu traffic light sudah hijau, pengguna jalan yang belum masuk YBJ harus berhenti ketika ada kendaraan lain di dalam YBJ. Mereka baru bisa maju jika kendaraan di dalam YBJ sudah keluar.

Bagi pengendara yang tetap memaksa memasukkan kendaraannya ke dalam YBJ, padahal masih ada kendaraan lain di dalamnya, akan ditilang. Hal ini sama saja dengan melanggar marka jalan. Namun, masih sangat banyak pengguna kendaraan bermotor tetap menerobos lampu (traffic light) merah, saat antrean kendaraan di depannya belum terurai. Hal ini tentu membuat si kotak kuning ini sangat tak bermanfaat keadaanya.

YBJ akan berfungsi maksimal jika ada kesadaran dari pengguna jalan. Kesadaran warga juga kunci utama kelancaran lalu lintas. Lebih baik para pelanggar ini langsung ditindak pada saat itu juga.

 

Muhammad Fidi Raiddin

Jalan Melania III No 6 RT 5 RW 1

Kelurahan Cihaurgeulis

Kecamatan Cibeunying Kaler

Kota Bandung