Surat Pembaca

Untuk Calon Kepala Daerah

APAKAH kampanye sudah dimulai? Lalu, apakah sudah izin menempelkan spanduknya di rumah orang? Belum terpilih saja sudah melanggar, apalagi jika terpilih. Tidak ditujukan untuk salah satu calon tetapi untuk semua calon#KUDUMIKIR.

 

Michael Yosaba

SMA Trinitas

Jalan Kebonjati No 209

Kota Bandung

Menyikapi Wacana Penarikan Zakat ASN

WACANA tentang kebijakan pemerintah yang akan menarik zakat 2,5 persen dari Aparatur Sipil Negara (ASN) muslim, telah disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat memberikan keterangannya kepada para wartawan di Jakarta, Rabu (7/2/2018). Sebagai seorang Muslim, tentulah jangan ada sedikit pun rasa takut atau khawatir harta kita akan berkurang ketika menunaikan zakat.

Wahana, Dimana Barangku?

TANGGAL 15 Januari 2018, saya membeli satu paket kopi miracle (40 boks) melalui teman bisnis yang juga seorang agen penjualan dari PT Indo-uniline. Tanggal 16 Januari, teman saya tersebut menitipkan pengiriman paket melalui Wahana ekspedisi dengan resi pengiriman nomor AGU68969. Lama pengiriman (diinfokan) maksimal tiga hari.

Licinnya Jalan Perlintasan Kereta Cimindi

SAYA sering melewati jalur perlintasan kereta api Cimindi Cimahi. Seringkali pemandangan kurang mengenakkan disaksikan, pasalnya banyak pengguna jalan raya khususnya kendaraan beroda dua yang menjadi korban dari licinnya perlintasan kereta tersebut. Bahkan saya juga menjadi korban dari licinnya jalur perlintasan kereta api tersebut, terutama di waktu hujan tiba, membuat jalur kereta tersebut sangatlah licin.

Pesantren Butuh Bantuan

PESANTREN Pertanian At Taqwa di bawah Yayasan Cahaya Pejuang Peradaban, salah satu Mitra Program BMH (Baitul Maal Hidayatullah), berdiri sejak tahun 2011 dan sudah legal berbadan hukum berdasarkan SK Menhukam No AHU-814.AH.01.04 Tahun 2013. Program yang sudah berjalan, membina santri mulai PAUD, MDA, majelis taklim, dan santri mukim berasrama yang terdiri dari yatim dan duafa.

Indosurya Finance Merespons Pelanggan

SEHUBUNGAN dengan keluhan yang pernah saya sampaikan kepada Indosurya Finance lewat Surat Pembaca di Harian Umum Pikiran Rakyat beberapa bulan lalu, saya sampaikan bahwa Indosurya Finance sudah merespons dengan baik keluhan saya mengenai ulasan yang disampaikan sebelumnya. Saya berterima kasih atas tanggapan positif dari Indosurya Finance.

Kepada Indosurya Finance dan Harian Umum Pikiran Rakyat, saya ucapkan terima kasih.

 

Berbagi Obat untuk Penderita Gagal Ginjal

GINJAL merupakan sepasang organ tubuh yang berfungsi menyaring limbah dari darah. Kerusakan organ ini akan berakibat fatal bahkan harus menjalani dialisi (cuci darah) selama sisa hidup atau harus memilih transplantasi (cangkok) ginjal.

Bukan Kabupaten, Tetapi Kota

HARIAN Umum Pikiran Rakyat edisi Senin, 12 Februari 2018, memuat informasi bakal pasangan calon yang akan berkompetisi pada Pilkada Serentak 2018 di wilayah Jawa Barat (halaman 5). Sebagai warga Kota Banjar dan pembaca Pikiran Rakyat, perkenankan saya untuk menyampaikan sedikit koreksi.

Momentum Pembuktian Karakter Ksatria Demokrasi

MUSIM kampanye identik dengan menjamurnya spanduk-spanduk, stiker, dan brosur-brosur para kontestan pilkada. Selebaran berhias senyum-senyum wibawa dengan puisi cinta di bawahnya. Kita patut bertanya, apa maksud di balik senyum indah itu? Apakah dia ingin kita membalas senyum orang yang jelas-jelas tidak kita kenal itu, ataukah dia menginginkan sesuatu yang lain?

Santun Berkampanye Hasilkan Pemimpin Berkualitas

PEMILIHAN pemimpin daerah secara langsung sudah di ambang mata. Pilkada langsung ini merupakan wujud dari pelaksanaan sistem demokrasi di Indonesia. Melalui pilkada langsung, rakyat bisa memilih dan menentukan siapa yang cocok menjadi pemimpin didaerah mereka sendiri.

Hindari Jadi Pemilih Emosional

YANG dimaksud dengan pemilih emosional menurut penulis adalah individu atau kelompok yang dasar pilihannya berdasarkan kepentingan-kepentingan sesaat terhadap calon yang akan dipilihnya.

Pengalaman Pahit Belanja ”Online”

KEMAJUAN teknologi seperti media sosial telah membantu kelancaran kita dalam berbagai hal. Namun, ibarat dua sisi mata pisau, ada yang baik dan ada yang buruk.

Pengalaman pahit saya bermula pada tanggal 21 Januari 2018. Saya membeli tas via Whatsapp seharga Rp 1,5 juta ke penjual yang beralamat di Kampung Rancanilem RT 4 RW 11, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, dengan nomor telefon 081809875533 atau 082128313722.