Masih Kerabat Piranha

IKAN pacu, kerabat piranha, memiliki gigi mirip manusia.*
ALAMY/PRLM
IKAN pacu, kerabat piranha, memiliki gigi mirip manusia.*

Ikan Pacu Suka Menggigit Testis

KOPENHAGEN, (PRLM).- Seorang pria Swedia memperingatkan kepada orang-orang yang suka berenang telanjang, setelah spesies baru ikan telah ditemukan di perairan negara itu yang kerap menggigit testis.

Seekor ikan pacu, kerabat piranha, sepanjang 21cm telah ditemukan para nelayan di Oresund Sound di lepas pantai selatan negara itu, pekan lalu.

Dikenal di Papua Nugini sebagai "Pemotong Bola", pacu tersebut dilaporkan telah bertanggung jawab atas kematian dua nelayan di negara Pasifik ini, yang meninggal karena kehabisan darah setelah ikan tersebut menggigit testis mereka.

Seekor ikan air tawar ini, dapat tumbuh hingga 90 cm dan berat mencapai 25kg. Ditemukan terutama di sungai-sungai cekungan Amazon, memiliki gigi yang sangat mirip dengan manusia dan sempurna untuk mengunyah.

Makanan ikan ini terutama kacang-kacangan, daun, vegetasi air dan siput, namun pada kesempatan lain mereka telah mengenal nikmatnya rasa daging manusia.

"Gunakan pakaian renang jika Anda mandi di Sound saat ini, mungkin ada lagi di sana," bunyi peringatan dari Natural History Museum of Denmark.

'Pacu ini biasanya tidak berbahaya bagi manusia tetapi memiliki gigitan yang serius, ada insiden di negara lain, seperti Papua Nugini di mana beberapa orang testisnya digigit," kata Henrik Carl, seorang ahli ikan di museum Denmark itu kepada surat kabar Swedia, "The Local".

Carl mengakui ia tidak bisa memastikan apakah masih ada pacu di perairan Swedia. "Mereka hampir identik dengan piranha, hanya saja memiliki gigi yang berbeda. Lebih besar dan lebih kuat, cocok untuk menghancurkan," tambahnya. (Aya/A-147)***