Menang di Uji Coba, Latihan Persib Akan Tambah Berat

Latihan Persib/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Pelatih kepala Persib Roberto Carlos Mario Gomez langsung menggembleng para pemainnya dengan melakukan pertandingan ujicoba dalam dua tahap sekaligus menghadapi Maung Anom dan tim Porda Kota Bandung, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 5 September 2018.

Saat menghadapi Maung Anom, Persib mampu mencetak kemenangan 1-0, sedangkan saat melawan Porda Kota Bandung, Maung Bandung meraih kemenangan telak 5-0. Pertandingan tersebut menjadi ajang simulasi sebelum menjamu Arema FC, pada lanjutan putaran kedua Liga 1 2018.

Gol kemenangan saat mengalahkan tim Porda Kota Bandung dicetak melalui hattrick Jonathan Bauman (3', 33',dan 46'), Ezechiel N'douassel (31'), dan Agung Mulyadi (64'). Sedangkan gol tunggal kemenangan lawan Maung Anom dilesakkan oleh Wildan Ramdhani. Pada sesi pertama melawan Porda Kota Bandung, Persib menurunkan beberapa pemain andalan, di antaranya kiper M. Natshir, Bojan Malisic, Dedi Kusnandar, Bauman hingga penyerang yang baru saja bergabung latihan, Ezechiel.

Sementara saat melawan Maung Anom, pelatih Persib Mario Gomez mengganti semua pemain yang tampil di sesi pertama. Sejumlah pemain muda seperti, Beckham Putra Nugraha, Puja Abdillah, Henhen Herdiana dan Mario Jardel diturunkan sejak menit pertama.

Setelah pertandingan ujicoba pertama, Supardi Nasir dan kawan-kawan akan kembali melakoni satu kali lagi laga ujicoba yang rencananya akan digelar pada akhir pekan ini. Rencananya lawan yang akan dihadapi berasal dari Liga 1 atau Liga 2.

Selain menjadi simulasi menjelang pertandingan lawan Arema, laga ujicoba ini juga dilakukan untuk melihat sejauhmana perkembangan kondisi fisik serta teknik yang telah dicapai oleh para oemain usai menjalani libur panjang.

“Kita masih punya waktu sekitar sepuluh hari lagi menjelang pertandingan lawan Arema. Apa yang kita buat sudah berdasarkan pada program yang sudah kita rancang sebelumnya. Tentu ini berat buat pemain, kenapa kita lakukan ini karena kita masih dalam proses physical fitness, terutama aerobic untuk meningkatkan power,”tutur pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya usai pertandingan ujicoba.

Beban latihan

Dia menambahkan, untuk durasi latihan setiap harinya akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan. “Artinya kita butuh latihan-latihan yang menguras anaerob, dan kita tahu diantara itu masih ada game baik itu uji coba maupun internal yang biasanya kita selalu buat untuk melihat peningkatan yang telah dicapai pemain. Ini menjadi tuntutan bagi pemain seperti halnya mereka menjalani pertandingan sesungguhnya,”katanya.

Yaya mengatakan, meski porsi latihan semakin berat para pemain tetap enjoy dan menikmati setiap program yang mereka jalani. Bahkan mereka mampu menjalankan isntruksi dengan baik sesuai dengan arahan yang diberikan oleh pelatih.

“Ya ini bukan menjadi suatu tes, tapi menjadi suatu alat untuk melihat perkembangan pemain terutama dari aspek teknik dan taktik. Karena coach selalu memberikan setelah tiga hari kemarin kita kontinyu latihan fisikal, coach langsung mengubah latihan fisikalnya dengan sentuhan dan taktik melalui game ujicoba. Ini menjadi suatu keharusan, karena coach telah buat program untuk melihat sejauh mana tujuan kita sampai di game internal di hari Sabtu kemarin, dan di hari rabu ini apa yang kita harus follow up,”ucapnya.

Yaya mengatakan, melihat pencapaian yang telah diraih oleh para pemain Persib di pertandingan ujicoba rtersebut sudah cukup baik. Dia berharap ini bisa ditingkatkan lebih baik lagi sebelum pertandingan menghadapi Arema.

“Progresnya kalau melihat game internal tadi dengan intensitas kita apa yang memang harus kita buat dan kita kembangkan jadi fokus kita. Makanya kita tidak melihat lawan yang dihadapi, karena  siapapun lawannya progress yang sudah dicapai pemain sudah bagus,”tutur Yaya.***  

Baca Juga

Persib vs Arema, Bobotoh Diimbau Jaga Kondusifitas

BANDUNG, (PR).- Bobotoh diimbau untuk bersikap santun dan menjaga kondusifitas saat pertandingan pekan ke-21 Liga 1 2018 antara Persib Bandung menghadapi Arema FC, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kamis, 13 September 2018.

Persib vs Arema, Rebut Kembali Posisi Puncak!

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung dikudeta oleh Bhayangkara FC dari puncak klasemen sementara Liga 1/2018. Selain itu, Bali United pun telah menyamai koleksi 35 poin yang diperoleh Maung Bandung.