Gelandang Persib Oh In-kyun Pertanyakan Sanksi Komdis PSSI

Pemain Persib Oh In-Kyun/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

BANDUNG, (PR).- Gelandang andalan Persib Oh In-kyun mempertanyakan sanksi Komisi Disiplin PSSI. Ia dilarang bermain dua kali pertandingan dan denda Rp 25 Juta.

Akibat sanksi tersebut, pemain asal Korea Selatan ini tidak akan memperkuat Persib saat menghadapi Perseru Serui dan Persela Lamongan.

Sebelumnya pemberitahuan sanki kepada In-kyun dilakukan pada saat beberapa jam sebelum pertandingan menghadapi PSIS Semarang. Pada surat keputusan Komdis PSSI Liga 1 dengan nomor, 088/L1/SK/KD-PSSI/VII/2018, tentang Kasus Pelanggaran Disiplin, tertanggal 4 Juli 2018, Inykun terbukti melakukan pemukulan kepada pemain Persija Jakarta, Sandi Sute saat Persib dijamu Persija di Stadion PTIK. 

"Merujuk kepada pada 49 ayat (1) d dan (2) Kode Disiplin PSSI, Sdr. Oh In-kyun dihukum larangan bermain sebanyak dua (2) kali, pada pertandingan Persib vs PSIS Semarang, tanggal 8 Juli 2018, Perseru Serui vs Persib, tanggal 12 Juli 2018," bunyi surat Komdis bertandatangan Asep Edwin Firdaus selaku ketua.

Akibat pemberitahuan yang mendadak ini, manajemen Persib pun melayangkan protes kepada Komdis PSSI. Manajemen langsung melayangkan surat protes kepada PSSI atas keterlambatan surat Salinan Keputusan Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

Dengan melampirkan sejumlah bukti di antaranya salinan surat Komdis yang baru diterima 8 Juli 2018 pukul 00:33, Persib melayangkan protes. Dalam surat yang ditandatangani Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, Persib memohon agar sanksi kepada Head Coach, Ofisial dan Pemain untuk ditunda.

Ingin lihat rekaman saat bertanding dengan Persija

Surat protes ini direspons cepat dan akhirnya In-kyun diperbolehkan bermain saat Persib mengalahkan PSIS Semarang 0-1 pada pekan ke-1 Liga 1 2018 di Stadion Gelora bandung Lautan Api, Minggu 9 Juli 2018.

Namun, komdis PSSI akhirnya meralat dan mengeluarkan surat peringatan baru. Surat itu menyatakan bahwa hukuman untuk Oh In-kyun baru berlaku pada dua pertandingan lain. Yakni saat Persib bertandang ke Perseru Serui di Stadion Marora, Serui, Kamis 12 Juli 2018, dan Persela Lamongan, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Senin 16 Juli 2018.

Menanggapi sanksi yang dijatuhakan oleh Komdis, Oh In-kyun mengaku sebelumnya sangat terkejut dan tidak menyangka. Jika komdis PSSI menjatuhkan sanksi larangan bermain di dua pertandingan.

In-kyun pun ingin melihat hasil rekaman pertandingan antara Persija kontra Persib di Stadion PTIK, mengingat pada saat itu juga pemain Persija Sandi Sute dan Novri Settiawan terlebih dahulu melakukan dorongan kepadanya.

“Memang ada dorongan dengan Sandi Sute. tetapi saya mau lihat (rekaman) kalau pemain Persija sebelum saya dorong dia duluan dorong saya. Saya menerima sanksi ini, tetapi kalau dua pemain Persija (Sandi Sute dan Novri Setiawan) tidak dapat sanksi saya kira itu tidak adil,” tutur pemain berusia 33 tahun tersebut.

Sebelumnya In-Kyun tidak mengetahui jika masih bisa tampil saat menghadapi PSIS. Mengingat pemberitahuan sanksi tersebut baru dia dengar beberapa jam sebelum pertandingan berlangsung.

“Saya tidak tahu (jika masih bisa bermain). Saya tahunya dari manajemen dan pelatih juga menyuruh saya untuk main dan saya juga memang sudah siap bermain,” kata In-Kyun.***

Baca Juga

Susunan Pemain Persib vs PSIS, Oh In-kyun Tetap Tampil

BANDUNG, (PR).- Gelandang andalan Persib Oh In-kyun tetap masuk daftar susunan pemain saat Maung Bandung menghadapi PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Minggu 8 Juli 2018.

Gomez Ucapkan Terima Kasih untuk Persija

BANDUNG, (PR).- Pelatih kepala Persib Roberto Mario Carlos Gomez mengatakan, dirinya ingin mengucapkan terima kasih untuk Panpel Persija karena telah menjaga tim dengan baik, mulai Persib tiba di bandara, hotel, sampai stadion.