Statistik: Lawan Persija, Persib Wajib Siaga di 15 Menit Terakhir

Persib vs Borneo FC/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

PERSIB Bandung akan berhadapan dengan Persija Jakarta di pekan keenam Liga 1 2018. Pertandingan panas itu akan tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 28 April 2018. Kick off digelar pukul 18.30. 

Sampai menuntaskan lima pertandingan di Liga 1 2018, kedua tim berada di level berbeda pada papan klasemen. Persib Bandung menjadi pemimpin papan tengah dengan bercokol di peringkat ke-7. Tim Pangeran Biru mengoleksi delapan poin hasil dari dua kali menang, dua kali imbang, dan satu kekalahan. Sementara Persija berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 2018 dengan 10 poin, hasil dari tiga kemenangan, satu imbang, dan satu kali kalah. 

Dalam hal produktivitas, Persija sedikit lebih unggul dari Persib. Macan Kemayoran mencetak sepuluh gol dari lima pertandingan. Angka ini memunculkan rasio produktivitas 2 gol per pertandingan. Sementara Persib mencetak sembilan gol dalam jumlah laga yang sama. Rasio produktivitas tim kebanggaan bobotoh ini 1,8 gol per pertandingan.

Begitu pula dalam hal kebobolan. Di lima pertandingan Liga 1 2018 yang telah dituntaskan, Persija lima kali dibobol lawan yang jika dirata-ratakan, besarannya satu kali kebobolan per laga. Sementara Persib sudah tujuh kali kebobolah. Dengan kata lain, rasio kebobolan lini pertahanan Pangeran Biru adalah 1,4 kali tiap pertandingan. 

Menit akhir pertandingan

Sembilan gol yang dicetak para pemain Persib, lahir merata di semua fase pertandingan. Namun tidak untuk kubu lawan. Terdapat fenomena unik dalam gol-gol yang dicetak para pemain Persija. Pasalnya, dari sepuluh gol yang sudah dibukukan, 40% di antaranya lahir di 15 menit terakhir pertandingan. Persentase gol di akhir-akhir laga ini, jauh lebih banyak dibanding gol di fase waktu lainnya.

Di sisi lain, Persib Bandung justru kerap bermasalah di menit-menit akhir. Sebut saja kemenangan atas PS Tira yang sirna begitu saja karena gol lawan di detik-detik pamungkas. Juga keunggulan di kandang Arema yang pupus karena kebobolan di menit ke-82. Catatan ini menjadi lampu kuning. Persib harus bisa menjaga konsentrasi sampai laga benar-benar usai.

Terkait aktor di balik gol, Persib juga mesti memberi pengawalan ekstra pada lebih banyak pemain Persija. Pasalnya, pemain depan Macan Kemayoran memiliki produktivitas merata. Marco Simic dan Jaime sama-sama mengoleksi tiga gol di lima laga Liga 1 2018, diikuti Rohit Chand dengan koleksi dua gol.

Sementara lini pertahanan Persija, diprediksi menaruh perhatian ekstra pada satu orang saja di depan gawang mereka, yakni striker Persib Ezechiel N'Douassel. Pasalnya, di antara sembilan gol yang dicetak Persib, Ezechiel N'Douassel mencatat angka jomplang dari pemain lain dengan torehan enam gol.***

Baca Juga

Kontra Persija Ditunda, Persib Lanjutkan Agenda Latihan

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung tidak mengubah agenda latihan menyusul ditundanya pertandingan lawan Persija Jakarta. Semula, laga kontra Macan Kemayoran dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 28 April 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Mario Gomez: Ini Jati Diri Persib Sebenarnya

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung berhasil mengamankan tiga poin penuh dalam laga Persib vs PSM Makassar, Rabu 23 Mei 2018 malam. Bukan hanya menang, tim Pangeran Biru bahkan menekuk Pasukan Ramang dengan gelontoran gol.