Persija vs Persib, Bobotoh Diminta Tak Tandang

Bobotoh Persib vs PSM/ARMIN ABDUL JABBAR
Seorang bobotoh perempuan menahan kesedihan saat melihat Persib kalah 0-1 dari PSM Makassar dalam laga terakhir Grup A Piala Presiden 2018 di Stadion GBLA, Jumat 26 Januari 2018.

USAI mengempaskan Borneo FC pada pekan kelima, Persib Bandung akan melawan Persija Jakarta di laga keenam Liga 1 2018. Pertandingan diagendakan berlangsung pada Sabtu, 28 April 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Menjelang pertandingan tersebut, Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar meminta bobotoh tidak memaksakan diri datang ke Jakarta untuk menyaksikan langsung tim Pangeran Biru. Menurut dia, menyelenggarakan banyak acara nonton bareng adalah cara yang jauh lebih baik untuk mendukung Febri Hariyadi dan kawan-kawan di pertandingan panas tersebut. 

Seperti diketahui, mendukung Persib di pertandingan tandang sudah menjadi tradisi para bobotoh. Meski tim Pangeran Biru berlaga di markas lawan yang keamanannya tak terjamin, seperti Jakarta atau Malang, tetap ada bobotoh yang hadir. Mereka tidak datang dalam rombongan besar yang resmi diberangkatkan organisasi-organisasi bobotoh. Melainkan datang secara individu atau kelompok kecil, kemudian berkamuflase dengan tidak mengenakan atribut khas Persib. 

"Lebih baik tidak datang. Jangan ada yang nonton ke sana (Jakarta)," kata Umuh Muchtar dalam perbincangan on air dengan radio jaringan Pikiran Rakyat, PRFM.

Dia melanjutkan, seperti pada pertandingan tandang biasanya, di Bandung Raya maupun berbagai daerah di Jawa Barat khususnya, selalu menjamur lokasi nonton bareng. Umuh meminta bobotoh cukup meramaikan acara nonton bersama yang digelar masing-masing distrik atau di masing-masing wilayah.

"Nanti di Mess Persib di Sidolig juga akan diadakan nonton bareng. Kalau enggak di situ juga mungkin di Lodaya yang lapangannya luas," tutur Umuh, Sabtu, 21 April 2018. 

Curi poin

Melihat kondisi Persib Bandung jelang pertandingan melawan Persija Jakarta, Umuh Muchtar berharap tim kebanggaan bobotoh ini mampu mencuri poin di markas lawan. Kemenangan telak 3-1 atas Borneo FC, mesti dimanfaatkan sebaik mungkin untuk modal psikologis. 

Sang manajer juga menyadari, Macan Kemayoran sedang dalam performa baik di awal Liga 1 2018 ini. Namun dia yakin Mario Gomez dan para asisten pelatih bakal menyiapkan strategi terbaik untuk laga nanti. 

"Mario Gomez pasti sudah memperhitungkan. Dia juga tahu Persija sedang di atas. Gomez pasti sudah punya strategi. Mudah-mudahan saja, kita berdoa semoga ada keberuntungan," tutur Umuh.***

Baca Juga

Persebaya vs Persib, Ribuan Bobotoh Serbu Surabaya

SURABAYA, (PR).- Ribuan bobotoh dari berbagai komunitas suporter Persib akan menyaksikan langsung pertandingan antara Persebaya Surabaya menghadapi Persib Bandung pada laga tunda Liga 1 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis 2

Kalahkan Persebaya, Persib Juara Paruh Musim Liga 1 2018

PERSIB Bandung menasbihkan diri sebagai juara paruh musim Liga 1 2018. Kepastian itu diperoleh setelah tim Pangeran Biru mengalahkan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis, 26 Juli 2018 malam.