Tekanan Suporter Lawan Pelecut Motivasi Pemain Persib

Dedi Kusnandar/ARIF HIDAYAH/PR

ENAM pertandingan awal Persib merupa­kan laga yang cukup berat karena tiga di antaranya merupakan duel big match ber­gengsi ketika Maung Bandung harus bertandang ke kandang lawan.

Pada laga tandang pertama, Persib harus mengakui katangguhan tuan rumah Sriwijaya FC se­te­lah menyerah 1-3. 

Pada pertandingan tersebut, Pangeran Biru gagal mengulang sukses Liga 1 2017, mereka mampu menaklukkan tim berjuluk Laskar Wong Kito di kandangnya dengan skor 4-1.

Dua pertandingan tandang lainnya juga berat karena Persib menghadapi la­wan yang bisa dibilang sebagai musuh bebuyutan yaitu Arema FC dan Persija Jakarta dengan jeda di setiap pertandingan hampir dua minggu.

Pertandingan tersebut juga akan menjadi ajang pertarungan adu gengsi karena selama ini tim-tim tersebut selalu menyajikan pertandingan me­narik dan ditunggu-tunggu para suporternya.

Pelatih Kepala Persib Roberto Carlos Mario Go­mez tentunya menyiapkan strategi yang sa­ngat matang ketika Persib menjalani dua laga tan­dang yang berat itu. Meski akan tampil sebagai tim tamu saat melawan Persija, Persib akan tetap berjuang mencuri poin di kandang lawan.

Absennya sang kapten Supardi Nasir Bujang tentunya menjadi kerugian untuk Persib. Akan tetapi, di balik sanksi yang dikeluarkan oleh Ko­misi Disiplin PSSI, akan menjadi peluang untuk para pemain lainnya supaya bisa tampil memperkuat tim inti.

Menghadapi Arema selalu menjadi tan­tangan tersendiri untuk Persib karena terbukti pertandingan di antara dua tim ini selalu sengit dan keras. Bahkan, saat Persib bertamu ke kandang Are­ma musim lalu, mereka harus kehilangan salah seorang pemain andalannya, Tantan, akibat mengalami cedera setelah di-tackle keras oleh pemain lawan.

Bagi Dedi Kusnandar, pertandingan di Liga 1 kali ini menjadi motivasi lebih bagi para pemain Persib lainnya untuk bisa mempersembahkan ha­sil terbaik di setiap laga yang akan dijalani ke depan.

Berbekal hasil kemenangan saat menga­lahkan Mitra Kukar di pertandingan sebelumnya, membuat semangat pemain bangkit untuk kembali me­raih poin penuh. Selama ini, Dedi Kusnandar menjadi salah seorang pemain yang kerap diandalkan un­tuk memperkuat barisan tengah Persib.

Dedi Kusnandar saat ini telah menyiapkan mental dan teknik lebih baik, termasuk dari segi taktik juga harus lebih siap. Berkaca pada hasil Liga 1 tahun lalu, jangan sampai ter­ulang kembali dan dapat dijadikan pelajaran.

Beban ketika bermain di kandang lawan tentu­nya akan lebih berat dibandingkan de­ngan saat tampil di kandang sendiri. Apalagi menghadapi rival kuat yang selama ini menjadi pesaing Persib ketika saling bertemu.

Akan tetapi, dengan adanya tekanan dari supor­ter lawan, membuat para pemain semakin terpecut motivasinya untuk menunjukkan kemampuannya secara maksimal demi meraih poin di kandang lawan.
”Mungkin saya pribadi dan teman-teman sudah terbiasa menghadapi tekanan itu jadi motivasi, bukan jadi beban tekanan dari lawan itu. Itu menjadi modal berharga untuk menunjukkan kemampuan kita,” katanya.

Bersama Ghozali Muharam Siregar, Oh In-kyun, Febri Hariyadi, dan Eka Ramdani, Dedi Kusnandar menjadi pemain gelandang yang kerap dipilih oleh Roberto Carlos Mario Gomez masuk ke skuad inti.

Pemain dengan nomor punggung 11 ini bebera­pa kali harus beradu dengan lawan demi mempertahankan benteng pertahanan Persib. Aki­batnya, pemain yang akrab disapa Dado ter­sebut telah menerima satu kuning. 

Ini tentunya harus diwaspadai Dado agar pada pertandingan selanjutnya jangan sampai hal yang sama terulang kembali.***
 

Baca Juga

Persib Masih Menanti Penawar Luka

DUA Pertandingan di Liga 1 2018 sudah dilalui Persib Bandung, tetapi Maung Bandung baru meraih satu poin. Pada pertandingan pertamanya ketika menjamu PS Tira, mereka hanya bisa berbagi poin.

Terbuka Opsi Rotasi Pemain Saat Persib Menjamu Mitra Kukar

USAI kekalahan dari Sriwijaya FC, jajaran pelatih Persib akan langsung melakukan evaluasi sebelum mereka menjalani pertandingan menghadapi Mitra Kukar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu 8 April 2018.

Serba 3 untuk Ardi Idrus di Persib

PERSIB Bandung resmi mengontrak pemain barunya, Ardi Idrus, selama tiga tahun. Pemain yang nantinya akan diposisikan sebagai  bek itu melengkapi komposisi pemain di skuat Maung Bandung saat ini.