Tak Perlu Jauh-jauh Ke Bandung, Daerah Ini Sudah Punya Cabang Akademi Persib

Zanetti Latih Akademi Persib/SUTANTO/GALAMEDIA
Wakil Presiden Internazionale Milan, Javier Zanetti (kedua kiri) memberikan coaching clinic saat acara launching Akademi Persib di Stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Selasa 13 Februari 2018. Dilaunchingnya Akademi Persib merupakan bentuk kerjasama Persib dengan Internazionale untuk mengembangkan sepakbola pemain muda mulai usia 10-16 tahun./SUTANTO/GALAMEDIA

BANDUNG, (PR).- Setidaknya empat daerah di Jawa Barat yaitu Kota Cimahi, Kota Banjar, Kabuapten Majalengka dan Kabupaten Cianjur kini telah memiliki cabang Akademi Persib. Dengan begitu bibit-bibit potensial di derah tersebut tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk mengejar impian menjadi pesepakbola profesional bahkan hingga menjadi penghuni skuad Maung Bandung nantinya.

Pengembangan cabang tersebut dilakukan oleh Akademi Persib karena melihat tingginya animo calon peserta didik di hampir seluruh daerah di Jabar. "Akademi Persib terus melebarkan sayap ke beberapa daerah di Jawa Barat. Jadi bibit-bibit sepakbola di luar Bandung bisa berlatih bersama Akademi Persib terdekat," ujar General Manajer Diklat Persib, Yoyo S. Adiredja seperti dilansir laman resmi Persib, Senin 5 Maret 2018.

Meski tak berada di Bandung, cabang-cabang di daerah tetap merupakan bagian yang resmi dari Akademi Persib. Pola latihan dan kegiatan di setiap daerah itu pun tetap akan dipantau langsung oleh para pelatih untuk memastikan kesamaan program latihan yang berbasis Inter Academy tersebut.

Yoyo mengakui, saat ini baru cabang Majalengka yang sudah mulai berjalan, sedangkan tiga daerah lain masih dalam tahap persiapan. "Majalengka sudah mulai berjalan, beberapa daerah lain mungkin dalam waktu dekat ini akan mulai menggelar latihan," ucapnya.

Komplet

Menurut Yoyo, ada beberapa kelompok usia yang dibina di Akademi Persib, mulai dari pemain kelahiran 2001 hingga 2008. Setiap usia dilatih berdasarkan kelompoknya dan memiliki peluang untuk bergabung menjadi pemain Diklat PERSIB U-17, PERSIB U-19 ataupun Maung Anom.

Seperti diberitakan sebelumnya, Persib kini memang menjadi klub pertama di Indonesia yang memiliki akademi sepakbola komplet. Selain diklat, Maung Bandung kini memiliki akademi yang menjadi afterschool program untuk anak-anak usia dini, terutama usia 10-16 tahun.

Akademi tersebut secara resmi diluncurkan pada 13 Februari 2018 lalu di Stadion Siliwangi Kota Bandung. Acara peresmian itu dihadiri oleh jajaran staf pelatih klub elite Italia, Inter Milan, termasuk sang legenda hidup, Javier Zanetti.

Kehadiran Zanetti dkk tak lepas dari kerjasama yang memang dijalin antara Akademi Persib dengan ­Inter Academy. Bentuk kerjasama tersebut adalah dengan kedatangan pelatih-pelatih profesional dari Akademi Inter Milan ke Bandung untuk membagikan ilmunya. ***

Baca Juga

Persib vs Persija: Maaf, Jarak Kita Semakin Jauh!

PERSIB Bandung berhasil mempecundangi Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Minggu, 23 September 2018 sore. Pertandingan pekan ke-23 Liga 1 2018 tersebut berakhir dengan kedudukan 3-2. 

Persib Turunkan Beban Latihan, Pemain Diklat Dapat Pujian

BANDUNG, (PR).- Pelatih kepala Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez mulai menurunkan intensitas program latihan, menjelang berlangsungnya pekan ke-21 Liga 1 2018 saat Persib menjamu Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kami