Menyelisik Efektivitas Safari Latihan Persib Jelang Liga 1 2018

PEMAIN Persib Bandung saat menjalani latihan di Lapangan Sesko AD, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Selasa, 30 Januari 2018. Skuad anak asuh Mario Gomez tersebut terus fokus berbenah untuk persiapan Liga 1.*
Skuat Persib/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

TASIKMALAYA menjadi kota keempat yang didatangi Persib Bandung sebagai bagian dari program persiapan menuju Liga 1 2018. Di sana, Atep dan kawan-kawan menuntaskan laga uji coba dengan kemenangan 4-0 atas Priangan Selection. Sebelumnya, Yogyakarta, Batam, dan Jepara menjadi daerah yang didatangi. Baik untuk menggelar pemusatan latihan, maupun pertandingan uji coba.

Setelah Tasikmalaya, tim Pangeran Biru pun masih menyisakan satu kota yang akan disambangi: Serang. Di sana, skuat asuhan Mario Gomez akan menantang tuan rumah Perserang Serang pada laga yang diagendakan 1 Maret 2018. 

Setelah sejumlah daerah didatangi, baik tim pelatih maupun para pemain bersikap kompak. Mereka sama-sama mengklaim merasakan peningkatan performa di sejumlah aspek. 

Usai pertandingan uji coba melawan Priangan Selection, Sabtu, 24 Februari 2018, Supardi mengungkapkan hal tersebut. Menurut bek sayap Persib ini, hal yang paling dirasakan dari safari ke berbagai kota adalah meningkatnya kebersamaan. Ini penting menurut dia. Pasalnya, seperti tim-tim Indonesia kebanyakan, Persib dihuni banyak pemain baru di setiap awal musim. Kehangatan hubungan emosional dengan pemain lama, mesti ditumbuhkan. 

"Pertandingan (lawan Priangan Selection) ini memang enggak normal karena berjalan kurang dari 60 menit. Tapi yang dilihat dari pertandingan ini lebih pada chemistry antarpemain," kata Supardi dilansir situs resmi klub. 

Terjadinya perkembangan besar pada tim Pangeran Biru juga diklaim langsung oleh pelatih Mario Gomez. Khususnya untuk sektor penyerangan. 

Seperti diketahui, di awal masa persiapan jelang musim 2018, salah satu hal yang paling disoroti adalah kualitas lini depan Persib. Itu terlihat pada Piala Presiden 2018 saat tim Pangeran Biru hanya bisa mencetak satu gol selama fase grup. Itu pun lahir dari gelandang, Oh In Kyun. 

Pada pertandingan melawan Priangan Selection, Mario Gomez mengklaim masalah tersebut sudah mulai teratasi. Empat gol yang disarangkan anak-anak asuhnya, disebut sebagai bukti. Barisan penyerangan Persib, dianggap tak lagi menyiakan banyak peluang.

"Suatu hal yang bagus ketika kami bisa mencetak gol dari setiap peluang. Yang paling penting, ini bagus buat para striker kami," kata Gomez. 

Efektivitas yang sebenarnya

Sementara itu, pemerhati sepak bola Jawa Barat memiliki pandangan beragam. Salah satunya Arief Nugraha, jurnalis senior di bidang olah raga yang menyebut pemusatan latihan ke luar kota lebih efektif untuk kebersamaan tim. Sementara untuk aspek lainnya, relatif. 

"Ini bukan cuma untuk mencari fasilitas lapangan yang bagus dan enak. Terlihat, Mario Gomez sedang membangun dan menyatukan tim. Di balik pemusatan latihan itu, kebersamaan sedang di bangun. Karena dengan pemusatan latihan di luar kota, pemain akan lebih disiplin. Mereka makan sama-sama, pulang sama-sama. Hikmah dari pemusatan latihan adalah kebersamaan terbangun dengan baik di sana (luar kota)," kata Arief saat berbincang di radio jaringan Pikiran Rakyat, PRFM 107,5 FM, belum lama ini.***

Baca Juga

Persib Kehilangan Lima Poin, Mario Gomez: Terlalu Banyak

PELATIH Persib Bandung, Mario Gomez mengaku kecewa dengan hasil kurang memuaskan tim asuhannya di dua pertandingan pertama Liga 1 2018. Saat menghadapi PS Tira, tim Pangeran Biru mesti puas main imbang 1-1 di kandang sendiri.

Nasib Para Pemain Seleksi Persib Ditentukan Besok

PERSIB Bandung masih menerapkan proses seleksi untuk menjaring pemain baru di musim 2018. Saat ini, terdapat dua pesepak bola yang tengah mencoba peruntungan di tim kebanggaan bobotoh tersebut.