Jonathan Baumann Direkrut, Bojan Malisic Tak Mungkin Dicoret

Bojan Malisic/USEP USMAN NASRULLOH/PR
BEK asing Persib Bojan Malisic menjalani latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jumat 5 Januari 2018.*

RENCANA Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez mendatangkan striker asal Argentina, Jonathan Baumann akan kembali menjadi warna tersendiri bagi skuad Maung Bandung. Saat ini Persib sendiri telah memiliki pemain asing sesuai kuota  yang ditetapkan yaitu 3 pemain asing + 1 pemain Asia. Tampaknya, Bojan Malisic tak mungkin dicoret.

Jika nantinya Jonathan Baumann jadi direkrut, maka otomatis Pangeran Biru harus kehilangan salah satu pemain asingnya. Saat ini tiga pemain asing yang tampil memperkuat Persib adalah Michael Essien, Ezachiel Aliadjim N’Douassel, Bojan Malisic, dan satu pemain Asia asal korea selatan Oh-In Kyun. Jika nantinya masuk, kuota sudah berlebih.

Di atas kertas, jika Jonathan Baumann datang, Persib tidak mungkin mencoret Bojan Malisic. Soalnya, pemain asal Serbia tersebut baru saja direkrut Persib. Isu pencoretan pemain asing justru saat ini santer mengarah kepada Michael Essien, karena mantan pemain Chelsea, AC Milan, dan Real Madrid tersebut masih mengalami cedera.

Namun, tentunya spekulasi Essien dicorret jika Jonathan Baumann datang, hingga saat ini belum terbukti. Manajemen juga masih menutup rapat mengenai rekrutmen pemain-pemain baru yang akan bergabung bersama Persib untuk Liga 1 musim nanti.

Persib tidak seperti tim peserta lainnya yang justru terlihat gencar membelanjakan pemain baru seperti Sriwijaya FC, Bali United, Persija, Persebaya, dan tim lainnya. Persib justru terlihat seolah melihat dan menunggu (wait and see) dalam hal perekrutan para pemain

Bikin Greget

Tentunya hal ini seolah membuat greget para bobotoh yang tidak sabar untuk melihat penampilan tim kesayangannya untuk bangkit. Apalagi di liga musim lalu Persib justru terpuruk dan tampil tidak seusai dengan harapan.

Namun, di balik itu semua manajemen Persib tentu telah memiliki rencana. Soalnya, salah satu tim terbesar di Indonesia ini juga tidak ingin kehilangan mukanya ketika menjalani liga nanti.

Dengan skuad yang ada saat ini Persib memang masih kekurangan pemain. Apalagi di kompetisi nanti mereka tidak hanya akan tampil di Liga 1 saja. Namun, juga di Piala Indonesia yang kembali bergulir setelah sempat vakum selama hampir enam tahun.

Piala Presiden 2018 yang baru saja berakhir di mana Persija Jakarta tampil sebagai juara, dapat menjadi gambaran  ketatnya persaingan di Liga yang akan datang. Selain itu, kompetisi tersebut juga akan menjadi bahan evaluasi para peserta sebelum mereka bertarung di kompetisi yang sesungguhnya yaitu Liga 1.

Waktu satu bulan tentunya harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Persib untuk mempersiapkan tim lebih baik lagi. Kejadian di liga 1 musim lalu jangan sampai terulang kembali. Apalagi selama ini Persib merupakan klub yang kerap bersaing di papan atas.

Pemain muda

Adanya Liga 1 dan Piala Indonesia tentunya akan menjadi kesempatan bagi semua pemain yang berada di Persib untuk tampil. Ini khususnya bagi para pemain muda yang selama ini sangat membutuhkan jam terbang. Mereka perlu menambah pengalaman.

Saat ini Persib memiliki para pemain muda yang bisa diandalkan seperti Henhen Herdiana, Puja Abdillah, Muchlis Hadi Ning, Ghozali Siregar, Febri Hariyadi, Fulgensius Billy Paji Keraf, Gian Zolla Nasrulloh, Agung Mulyadi, Kim Jeffrey Kurniawan, dan dua pemain Diklat Persib Aqil Savik serta Indra Mustafa.

Para pemain muda ini memiliki potensi yang sangat baik. Ini sudah dibuktikan pemain muda. Febri Hariyadi, Gian Zola, Henhen Herdiana, Kim Jeffrey Kurniawan, dan Fulgenius Billy Paji Keraf mampu menjadi bagian dari skuad inti di Persib Liga 1 2017.

Momentum Liga 1 dan Piala Indonesia tahun ini tentunya tidak boleh dilewatkan dan disia-siakan, karena pelatih Roberto Carlos Mario Gomez akan menjadikan dua kompetisi ini untuk menurunkan semua pemain yang dimilikinya. Sehingga  para pemain muda ini diharapkan bisa berkembang lebih baik lagi.

Jago memoles 

Selama ini Gomez memang dikenal mampu memoles talenta-talenta pemain muda di tim yang pernah ditanganinya termasuk di Persib saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari jam terbang para pemain muda saat Piala Presiden 2018 lalu.

Bahkan saat menjalani tiga pemusatan latihan, Gomez selalu mengikutsertakan beberapa pemain muda Persib U-19. Terakhir saat training camp di Jepara, tiga pemain Persib U-19 yaitu Rizki Hidayat, Ariya Nugraha, dan M. Wildan Ramdhani turut dibawa. Mereka ikut serta pada pertandingan uji coba menghadapi Persijap Jepara.

Gomez menilai para pemain muda memiliki potensi untuk menjadi bintang. Tidak hanya itu, ia menilai Febri Hariyadi dan pemain muda lainnya bisa menjadi kekuatan bagi Maung Bandung pada masa mendatang.

Karena itu, Gomez memberikan banyak kesempatan kepada pemain muda untuk tampil dalam laga resmi atau uji coba. "Kita mainkan pemain muda. Ini pengalaman penting untuk pemain muda kita. Pada waktunya nanti kita harus membentuk tim kuat ke depannya. Ini kesempatan bagus untuk pemain muda," katanya.***

Baca Juga

Persib Lakukan Rotasi Saat Hadapi Borneo FC

TIGA hari menjelang pekan kelima Liga 1 2018, Persib kembali harus menghadapi pertandingan yang cukup berat saat menjamu Borneo FC, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu, 21 April 2018.

Lakukan Rotasi, Begini Strategi Mario Gomez Hadapi Mitra Kukar

BANDUNG, (PR).- Pelatih Kepala Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez akan melakukan rotasi pemain saat timnya menjalani partai ketiga di putaran pertama Liga 1 2018, menjamu Mitra Kukar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Min

Jonathan Bauman Mulai Kerasan Bersama Persib

TIGA kali tampil sebagai pemain inti saat Persib bertanding, penampilan Jonathan Jesus Bauman memang cukup memukau. Pemain asal Argentina tersebut telah mencetak satu gol dan dua assist, untuk Maung Bandung.