Selangkah Lagi Persib Kembali ke GBLA pada Liga 1 2018

Stadion Gelora Bandung Lautan Api/ARIF HIDAYAH/PR

BANDUNG, (PR).- Peluang Persib Bandung untuk kembali bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat menjalani Liga 1 2018, semakin lebar setelah mendapat lampu hijau kedua dari Dinas Pemuda dan Olah Raga (dispora) Kota Bandung. Namun saat ini Dispora Kota Bandung masih menunggu surat resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait batalnya renovasi dan penggunaan GBLA untuk Asian Games 2018.

“Saya belum tahu kalau GBLA tidak jadi dipakai Asian Games, baru tahu sekarang. Untuk peluang Persib bisa main di GBLA kita lihat dulu, dan saya belum bisa bicara panjang lebar. Kita tunggu dulu surat resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR),” tutur Kepala Dispora Kota Bandung, Dodi Ridwansyah, Rabu 14 Februari 2018.

Dodi mengatakan, Pemerintah Kota Bandung sangat menyambut baik keinginan Persib untuk kembali menggunakan GBLA sebagai homebase Liga 1 2018 nanti. Tinggal Persib yang menjalani prosedur untuk penggunaan stadion seperti biasa.

Meskipun demikian, prosedur itu baru bisa ditempuh oleh Persib jika Dispora Kota Bandung nantinya telah menerima surat keputusan resmi dari Kemen PU-PR. "Setelah itu maka akan dikonfirmasikan ke pengurus Persib," ujar Dodi.

Dodi menuturkan, saat ini tahapan renvovasi di GBLA sudah mulai dilakukan, adapun renovasi sendiri diperkirakan akan selesai pada bulan Mei mendatang. “Sekarang renovasi masih tahap kecil seperti penggantian keramik, pengecatan, dan penggantian kursi yang rusak. Kalau di persentasekan mungkin sekitar 20 persen,” katanya.

Sambut Baik

Sementara itu manajer Persib Umuh Muchtar menyambut baik rencana penggunaan GBLA sebagai markas Persib selama mengarungil Liga nanti. Bahkan Umuh memastikan jika stadion berkapasitas 38 ribu penonton ini bisa digunakan oleh Persib di liga nanti.

Umuh mengatakan, pihaknya selama ini terus memperjuangkan agar Persib tidak menjadi tim musafir saat berlangsungnya kompetisi Liga 1 2018, yang rencananya mulai digulirkan pada Maret 2018.

"Kalau sampai laga kandang Persib digelar di luar Jawa Barat, kasian juga kan para bobotoh. Dan selama ini memang saya lebih banyak diam, tapi tetap berusaha dan memikirkan bagaimana caranya agar GBLA atau Jalak Harupat tetap bisa dipakai oleh Persib dan alhamdulillah akhirnya GBLA bisa dipakai Persib," ujar Umuh.***

Baca Juga