Dapat Lampu Hijau Dari Inasgoc, Ini Kata Komisaris Persib Soal GBLA

Penanaman Pohon/ADE BAYU INDRA/PR
PESERTA menanam pohon, pada gerakan Tumbuh 1001, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Kota Bandung, Sabtu, 20 Mei 2017. Gerakan menanam pohon dengan tema 1000 keberagaman 1 Indonesia itu, sebagai upaya melestarikan dan menghijaukan alam.*

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung berupaya menjadikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai kandang untuk LIga 1 2018. Hal ini dilakukan menyusul batalnya panitia Asian Games 2018 (Inasgoc) menjadikan Stadion GBLA sebagai salah satu venue pertandingan sepak bola.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Zainuri Hasyim memandang hal ini sebagai kondisi yang menguntungkan bagi tim Pangeran Biru. Manajemen pun siap menindak lanjuti batalnya panitia Asian Games menggunakan Stadion GBLA.

Tindak lanjut yang dimaksud adalah dengan mengupayakan stadion tersebut agar resmi menjadi kandang Persib untuk musim 2018. "Iya, Insya Allah. Kalau yang ngomong pak Erick (Thohir) ya karena dia kan panitia Asian Games 2018, dia yang akan menggunakan lapangan. Kami akan perjuangkan lah. Sekarang sudah ada lampu hijau, mudah-mudahan menjadi kenyataan (GBLA menjadi kandang Persib)," kata Zainuri usai peresmian Akademi Persib di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Selasa, 13 Februari 2018.

Purnawirawan TNI ini mengakui, jika tak ada stadion besar di Jawa Barat yang bisa dijadikan kandang oleh Persib, maka itu merupakan sebuah kerugian. Pasalnya tim Pangeran Biru dipastikan akan menjadi kesebelasan musafir yang mesti menjamu tamu di kandang orang.

"Kita kan punya banyak lapangan di Jawa Barat, masa mau jadi tim musafir? Kan lucu. Masa semua mau dipakai (Asian Games)? Akhirnya muncul kemungkinan satu stadion enggak dipakai Asian Games, sehingga kami mau pakai," kata Zainuri.

koreo, konfigurasi

Lebih baik di Bandung

Seperti diketahui, Persib kebingungan untuk menentukan home base yang akan dipakai di musim 2018. Itu karena semua stadion besar dan baru di Jawa Barat telah dipesan oleh panitia Asian Games 2018 Jakarta-Palembang untuk mereka gunakan. 

Lima stadion yang mulanya akan digunakan Asian Games adalah Pakansari (Kabupaten Bogor), Patriot Candrabhaga (Kota Bekasi), Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan GBLA (Kota Bandung). Tim Pangeran Biru pun sempat berpikir untuk berkandang di Ciamis, Karawang, bahkan luar Jawa Barat. Beruntung Stadion GBLA dipastikan batal digunakan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. "Kami lebih senang main di sini (Bandung),"  tutur Zainuri.***

Baca Juga

Babak Pertama, Tuan Rumah Persija Ungguli Persib 1-0

PERSIB Bandung untuk sementara tertinggal dari tuan rumah Persija Jakarta. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Macan Kemayoran. Laga lanjutan Liga 1 2018 ini digelar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu petang, 30 Juni 2018.

Persija vs Persib Berakhir dengan Kemenangan Tuan Rumah

PERSIB Bandung harus menyerah dalam pertandingan kontra Persija Jakarta. Laga lanjutan Liga 1 2018 ini berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan tim tuan rumah. Pertandingan digelar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu malam, 30 Juni 2018.

Perseru vs Persib Berakhir Imbang

PERSIB Bandung mampu menahan imbang tuan rumah Perseru Serui dalam laga lanjutan Liga 1 2018. Pertandingan yang digelar di Stadion Marora, Kepulauan Yapen, Papua, Kamis 12 Juli 2018 tersebut berakhir dengan tanpa gol, 0-0.