Batal Digunakan untuk Asian Games 2018, GBLA Bisa Kembali Jadi Markas Persib

Stadion Gelora Bandung Lautan Api/DEDEN IMAN/PR

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung berpeluang kembali menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai markasnya pada gelaran Liga 1 2018 mendatang. Peluang itu muncul setelah GBLA dipastikan batal digunakan untuk gelaran Asian Games 2018.

Kabar tersebut ditegaskan langsung oleh Ketua Panitia Asian Games 2018 (Inasgoc), Erick Thohir saat menghadiri peresmian Akademi Persib di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Selasa, 13 Februari 2018. "Untuk sepak bola Asian Games, yang digunakan itu empat tempat di Jawa Barat. Stadion Si Jalak Harupat pasti, tiga lainnya itu antara lain Stadion Patriot, Pakansari dan Wibawa Mukti. Yang tidak dipakai, GBLA," katanya.

Keputusan batalnya penggunaan Stadion GBLA dalam gelaran Asian Games, kata Erick, tak lepas dari adanya kompetisi sepak bola termasuk Liga 1 2018 dan Piala Indonesia 2018. Menurutnya, bergulirnya kompetisi sepak bola tanah air membuat banyak stadion dibutuhkan oleh tim-tim peserta. Termasuk Persib yang sangat membutuhkan Stadion GBLA.

Liga 1 Diliburkan Selama Asian Games

Meski merelakan Stadion GBLA batal dipakai Asian Games, Erick meminta PSSI mengistirahatkan kompetisi saat Asian Games berlangsung. "Kami sudah koordinasi dengan PSSI, kami harap liga Indonesia tidak bergulir saat Asian Games, begitu juga dengan kompetisi olah raga lain," ujarnya.

Meskipun bisa memastikan Stadion GBLA tak digunakan Asian Games, Erick Thohir tak berani memastikan stadion yang terletak di kawasan Gedebage itu akan menjadi home base Persib. Menurutnya, pihak yang berwenang mengeluarkan pernyataan mendetail terkait hal tersebut adalah manajemen Persib atau PSSI. "Detailnya saya kurang tahu. Itu PSSI dan Persib yang lebih mengerti," kata dia. 

Sebelumnya, Persib kesulitan untuk menentukan home base yang akan dipakai di musim 2018. Itu karena semua stadion besar dan baru di Jawa Barat telah dipesan oleh panitia Asian Games 2018 Jakarta-Palembang untuk mereka gunakan. 

Lima stadion yang mulanya akan digunakan Asian Games adalah Pakansari (Kabupaten Bogor), Patriot Candrabhaga (Kota Bekasi), Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi, Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), dan GBLA (Kota Bandung). Renovasi terhadap stadion-stadion tersebut saat ini bahkan sudah dimulai.***

Baca Juga

Diguyur Hujan Deras, Begini Suasana Latihan Persib

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung menggelar latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Senin 19 Februari 2018. Namun sesi latihan sore tersebut mesti terhenti sebelum waktunya akibat faktor cuaca.