Ini Deretan Pemain Naturalisasi yang Pernah Berlabuh di Persib

Striker Persib Bandung Christian Gonzales.*
Cristian Gonzales saat berseragam Persib Bandung/DOK. PR

SEJAK PSSI mengesahkan aturan pemain naturalisasi, saat ini perkembangan sepak bola di Indonesia khususnya di Liga semakin berwarna. Bahkan mayoritas tim yang ada di Liga 1 saat ini hampir semuanya menggunakan jasa pemain naturalisasi.

Salah satunya adalah Persib, di mana skuad Maung Bandung telah menggunakan jasa pemain naturalisasi sejak tahun 2010. Berikut adalah deretan pemain naturalisasi yang pernah memperkuat Persib:

Christian Gonzales

Striker haus gol Christian Gonzales menjadi pemain naturalisasi pertama yang memperkuat Persib. Tidak hanya itu, pemain berjuluk El Loco ini juga menjadi pemain naturalisasi pertama di era sepak bola modern yang tampil bersama Tim Nasional Indonesia. 

Gonzales merupakan pemain murni berdarah Uruguay, dia bermain di Persib dari 2009 hingga 2011. Perannya di tim inti pun tidak tergantikan. Total, ia mengoleksi 41 gol bersama Persib.

Gonzales sendiri mendapat status menjadi WNI saat masih memperkuat Persib. Gonzales yang memang terus menampilkan ketajamannya di kompetisi sepak bola profesional Indonesia itu mendapat warga negara Indonesia pada 1 November 2010.

Hingga saat ini, pemain yang punya nama muslim Mustafa itu masih bermain di level tertinggi di Indonesia. Meski usianya sudah memasuki 40 tahun, Gonzales masih diminati oleh tim di Liga 1, dan saat ini dia memperkuat Madura United.

Sergio Van Dijk

Selain Chritian Gonzales, Persib juga pernah memiliki Sergio Van Dijk yang merupakan pemain naturalisasi kedua di Persib. Pemain asal Belanda ini dipinang oleh Persib Ia didatangkan dari klub Australia, Adelaide United saat Persib bersiap menghadapi Liga Super Indonesia 2013.

Sergio mendapatkan status WNI sejak 2012 lalu. Nama Serginho didapatkan ibunya setelah ia sangat mengagumi pemain Brasil pada Piala Dunia 1982, Serginho Chulapa. Rupanya nasib Sergio van Dijk di kemudian hari pun tak lepas dari si kulit bundar.

Proses naturalisasinya berjalan lancar karena memiliki garis keturunan Indonesia, Sergio menjadi bagian Persib pada 2013. Saat itu ia mengoleksi 21 gol.

Sempat tampil di Liga Iran dan Thailand, Sergio kembali bergabung bersama Persib pada ISC 2016. Sayang, di Liga 1 2017 penampilannya tidak maksimal dan harus menepi lebih awal akibat cedera lutut.

Meski sudah tidak lagi menjadi bagian dari Persib, Sergio masih merasa menjadi bagian Maung Bandung dan memutuskan menjadi seorang Bobotoh. Menjadi Bobotoh diakui Sergio sejak ia bergabung dengan Persib. Tak lain karena begitu besarnya dukungan yang diberikan bobotoh untuknya.

"Saya mau ucapkan terimakasih untuk Bobotoh. Di Persib saya baru melihat fanatisme dan dukungan luar biasa. Tahun kemarin saya pemain, tapi sekarang saya putuskan menjadi Bobotoh, seperti kalian mendukung Persib," katanya.

Kim Jeffrey Kurniawan

Pemain naturalisasi ketiga di Persib adalah Kim Jeffrey Kurniawan. Kim adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang ini punya darah Tiongkok-Indonesia. Lahir di Muhlacker, Jerman, Kim tumbuh dari keluarga sepak bola. Darah sepak bola didapat dari kakeknya, Kwee Hong Sing, yang merupakan bek andalan Persija Jakarta pada era 1950-an.

Kim menjadi rekrutan Persib di era pelatih Dejan Antonic pada 2016. Penampilan apik selama memperkuat Pelita Bandung Raya menjadi salah satu pertimbangannya. Sempat dikritik oleh Bobotoh, Kim justru mampu menunjukan penampilan cemerlangnya, hingga akhirnya bisa memikat hati Bobotoh.

Status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) didapat Kim sejak 6 Desember 2010 bersama Irfan Bachdim yang saat ini menjadi kakak iparnya, meski masih dalam proses pemulihan cedera. Kim tetap menjadi bagian dari Persib untuk mengarungi Liga 1 2018.

Raphael Maitimo

Raphael Maitimo

Pemain naturalisasi keempat di Persib adalah Raphael Maitimo. Pemain naturlasiasi asal Belanda ini menjadi bagian skuad Maung Bandung di Liga 2017. Meski hanya memperkuat Persib selama satu musim, tetapi Maitimo mampu memberikan kontribusinya setelah mencetak sembilan gold an menjadi pencetak skor terbanyak di Persib.

Maitimo menjadi WNI dengan garis keturunan Minangkabau. Maitimo yang lahir dan besar di Belanda menjadi pemain andalan Timnas Indonesia untuk ajang Piala AFF 2012. Pada Liga 1 2018 Maitimo akan memperkuat Madura United.

Igbonefo bertekad memberikan penampilan yang terbaik setelah dikontrak manajemen Persib dengan durasi hingga tiga musim.*

Victor Igbonefo

Victor Igbonefo menjadi pemain naturalisasi kelima di Persib, Pemain naturalisasi asal Nigeria tersebut memang menjadi salah satu pemain baru, yang paling ditunggu oleh para suporter Persib. Victor mendapat status sebagai WNI pada 10 Oktober 2011

Kedatangan pemain yang sebelumnya tampil di Liga Thailand bersama Nakhon Ratchasima diharapkan mampu memperkuat benteng pertahanan Persib, setelah Vladimir Vujovic memilih tidak melanjutkan kontrak bersama Persib.

Victor sendiri sudah malang melintang memperkuat berbagai klub di Tanah Air, pada awal menginjakan kaki di Indonesia, dia lama memperkuat Persipura Jayapura. Selama enam musim, dia bergabung bersama tim berjuluk Mutiara hitam tersebut.

Dari 125 kali penampilannya bersama Persipura, dia mampu mencetak lima gol. Setelah lepas dari Persipura, Victor merapat ke Pelita Jaya hingga akhirnya bergabung bersama Arema Chronus. Saat di Pelita Jaya, Victor juga mapu menunjukan talenta terbaiknya. Dari 31 kali penampilanya dia bisa mencetak lima gol. setelah itu, dia dipinjamkan ke Chiangrai United di Liga Thailand.

Pemain berusia 32 tahun ini kemudian kembali ke Indonesia dan memperkuat Arema Chronus pada LSI 2012 sampai dengan 2015. Pada tahun  yang sama, dia lebih memilih melanjutkan kariernya di Liga Thailand bersama Osostspa Samut Prakan sebagai pemain pinjaman.

Lalu setelah dilepas oleh Arema, Victor fokus bermain di Liga Thailand bersama Royal Thai Navy FC, dan terakhir Nakhon Ratchasima. Dia sebenarnya menjadi salah satu pilar di lini belakang Nakhon Ratchasima pada musim 2017. Tercatat, pemain berdarah Nigeria itu bermain dalam 33 laga dan berhasil menyumbangkan dua gol. ***

Baca Juga

Jalani Debut di Liga 1 2018, Begini Perasaan Billy Keraf

FULGENSIUS Billy Paji Keraf akhirnya dapat merasakan atmosfer pertandingan Liga 1 2018, setelah diturunkan oleh pelatih kepala Persib Roberto Carlos Mario Gomez pada menit ke-70 menggantikan Atep, saat Persib ditantang Madura United, di St