Nilainya di Bawah Febri, Zola dan Billy, Pantaskah Persib Bayar Mahal Andik Vermansyah?

Andik Vermansyah/ANTARA
Pemain Timnas Indonesia Andik Vermansyah (kanan) dan sejumlah pemain melakukan pemanasan saat sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 13 Januari 2018 malam.*

SETELAH sukses menggaet striker PSM Makassar, Muchlis Hadi, Persib Bandung kini masih mengincar beberapa pemain untuk menambah kekuatan jelang Liga 1 2018. Untuk pemain lokal, salah seorang yang menjadi bidikan utama adalah gelandang serang langganan timnas Andik Vermansyah.

Asisten pelatih Persib, Fernando Soler membenarkan bahwa pihaknya masih terus bernegosiasi untuk mendapatkan jasa Andik. Apalagi setelah Persebaya sebagai tim yang pernah membesarkan Andik, resmi menyatakan mundur dari perburuan eks pemain Selangor FC di Liga Malaysia itu.

Meskipun demikian, dalam negosiasi tak bisa dipungkiri bahwa salah satu faktor yang akan menentukan adalah nilai kontrak. Sebagai pemain profesional, memang sah-sah saja jika nominal uang menjadi bahan pertimbangan bagi Andik.

Begitu pula dengan keputusan Persebaya untuk tak lagi mengejar Andi di mana salah satu faktor penyebabnya adalah nilai kontrak. Hal itu ditegaskan oleh Presiden Persebaya, Azrul Ananda secara langsung dalam surat terbuka di situs resmi mereka.

Sebelumnya, Azrul pun pernah malansir jika Persebaya pernah menawarkan nilai Rp 5 miliar untuk mengontrak Andik selama tiga tahun. Artinya Tim Bajul Ijo berani menghargai Andik Rp 1,67 miliar per tahun.

Meskipun demikian, Azrul menegaskan bahwa nilai itu ditolak pihak Andik. Meski tak secara langsung mengungkapkan, Azrul pun tak menampik bila Andik meminta nilai kontrak Rp 2-3 miliar per tahun.

Sebagai pemain profesional yang pernah bermain di luar negeri, Andik memang harus mendapat penghargaaan yang setimpal. Apalagi jika mengacu pada situs transfermarkt.com, pemain berusia 26 tahun itu memang dilansir memiliki nilai pasar 125.000 euro atau sekitar Rp 2,1 miliar. 

Billy Keraf

Nilai Zola, Febri dan Billy Lebih Tinggi

Meskipun demikian, Persib sepertinya harus mempertimbangkan nilai itu. Sama seperti Azrul yang menyatakan bahwa Persebaya bukanlah untuk satu orang, Persib pun begitu.

Apalagi jika menilik nilai pasar para pemain yang kini menghuni skuad Maung Bandung. Tak sedikit dari pemain Persib ternyata memiliki nilai acuan yang sama atau bahkan lebih tinggi dari Andik di situs transfermarkt.com.

Nilai Andik di situs tersebut, sama seperti pemain senior Hariono yang kini berusia 32 tahun. Sementara sederet pemain muda potensial Persib justru memiliki nilai lebih tinggi dari Andik.

Sebut saja bek muda Henhen Herdiana yang berusia 22 tahun, nilainya mencapai 150.000 euro. Belum lagi Gian Zola, Febri Haryadi dan Billy Keraf yang nilainya 175.000 euro. ***

Baca Juga

Michael Essien

Essien Kembali Bergabung, Ini Kata Tim Medis Soal Kondisinya

BANDUNG, (PR).- Setelah sempat absen untuk pemulihan cedera di luar negeri, Michael Essien akhirnya kembali bergabung dalam sesi latihan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa 20 Februari 2018.