Jika Kalahkan PSMS, Ini Skenario Persib Langsung Lolos Ke Fase Gugur Piala Presiden 2018

PSMS vs Persib - Piala Presiden 2018/DWI SETYADI/PR

BANDUNG, (PR).- Pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomez tak terlalu memikirkan soal gengsi dalam partai klasik Persib vs PSMS pada pekan kedua penyisihan Grup A, Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu 21 Januari 2018. Gomez lebih memandang sisi penting laga itu adalah tiga poin yang harus diamankan demi lolos ke fase gugur.

Gomez mengaku dirinya sudah paham bahwa pertemua Persib vs PSMS merupakan partai sarat sejarah dan gengsi. Bahkan disebut-sebut sebagai El Classico nya Indonesia.

“Mungkin orang-rang menyebut ini laga klasik dan itu oke-oke saja. Tetapi bagi kami yang penting adalah kemarin sudah mendapat tiga poin, jadi besok juga harus kembali mendapat 3 poin," tutur Gomez, pada sesi jumpa pers di Hotel Grand Tjokro, Kota Bandung, Sabtu 20 Januari 2018.

Pernyataan Gomez memang beralasan, soalnya tambahan tiga poin dari laga kedua kontra PSMS bisa saja menjadikan Persib sebagai tim pertama yang lolos ke fase gugur di Piala Presiden 2018. Jika menang, Maung Bandung sudah pasti akan menggeser tim Ayam Kinantan dari puncak klasemen.

Jika itu terjadi, Persib akan mengantongi total enam poin, sedangkan PSMS tetap tiga poin. Agar lebih aman, Persib kemudian harus meraih setidaknya satu poin di laga terakhir kontra PSM Makassar.

Seperti diketahui, tim yang akan lolos ke fase gugur adalah lima juara masing-masing grup serta tiga runner up terbaik. Namun sebagai tim besar, Persib tentunya lebih ideal jika mampu lolos sebagai juara Grup A.

Bisa Langsung Lolos

Meskipun demikian Persib sebenarnya bisa saja lolos ke fase gugur seusai memenangi duel lawan PSMS. Syaratnya, Sriwijaya harus menundukan PSM.

Jika itu terjadi, maka PSM yang menjadi lawan terakhir Persib akan menjadi juru kunci klasemen sementara Grup A tanpa satupun poin akibat dua kekalahan. Sekalipun Persib kalah, PSM hanya akan mengoleksi tiga poin di klasemen akhir.

Sementara itu laga terakhir PSMS vs Sriwijaya nantinya tidak akan berpengaruh lagi terhadap posisi Persib di puncak klasemen. Pemenang partai itu hanya akan menjadi runner up karena kalah head to head dari Persib meskipun mengoleksi jumlah poin yang sama.***

Skenario Klasemen Pekan Kedua yang Memastikan Persib Juara Grup A Piala Presiden 2018:

Urutan Klub Main Menang Seri Kalah Poin
1 Persib Bandung 2 2 0 0 6
2 PSMS Medan 2 1 0 1 3
3 Sriwijaya FC 2 1 0 1 3
4 PSM Makassar 2 0 0 2 0

Baca Juga

Hadapi Persib, PSMS Medan Merendah

BANDUNG, (PR).- PSMS Medan merendah jelang pertandingan klasik kontra Persib Bandung, Minggu 21 Januari 2018. Laga kedua Grup A Piala Presiden 2018 itu akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung.

Waspadai Mantan di Partai PSMS vs Persib

BANDUNG, (PR).- Laga PSMS vs Persib pada pekan kedua penyisihan Grup A Piala Presiden 2018, tak hanya tak hanya mengingatkan kembali akan partai klasik yang baru kembali terwujud setelah hampir lima tahun.