Meningkat Rp 1 Miliar, Ini Hadiah Juara Piala Presiden 2018

Preskon Piala Presiden 2018/WINA SETYAWATIE/PR
Ketua Panitia Penyelenggara (Organizing Committee) Berlinton Siahaan berserta jajarannya dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat 12 Januari 2018.

JAKARTA, (PR).- Piala Presiden 2018 mengalami peningkatan hadiah dari tahun penyelenggaraan sebelumnya. Total peningkatannya mencapai Rp 1 miliar untuk enam kategori hadiah. 

Untuk juara pertama akan diberikan Rp 3,3 miliar. Jumlah itu meningkat Rp 300 juta dari tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara (Organizing Committee) Berlinton Siahaan dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat 12 Januari 2018.

Bukan hanya juara satu saja, penambahan juga diberikan kepada peringkat kedua hingga peringkat keempat, plus top skorer dan pemain terbaik. Untuk peringkat dua, hadiah bertambah Rp 200 juta hingga menjadi Rp 2,2 miliar. Peringkat tiga bertambah Rp 100 juta, menjadi Rp 1,1 miliar.

Sementara peringkat empat menjadi Rp 550 juta atau bertambah Rp 50 juta. 

Topskor dan pemain terbaik bertambah hingga 50 persen. Topskorer menjadi Rp 150 juta, sedangkan pemain terbaik menjadi Rp 250 juta. 

"Peningkatannya untuk enam kategori ini mencapai 10 persen. Untuk wasit terbaik, kami berikan peningkatan apresiasi 100 persen dari tahun sebelumnya, menjadi Rp 50 juta. Karena faktor wasit ini menjadi yang utama untuk menghilangkan pengaturan skor. Hadiah yang tidak naik adalah pemain muda terbaik (Rp 150 juta) dan suporter terbaik (Rp 100 juta)," kata Berlinton.

Kenaikan hadiah untuk Piala Presiden 2018 ini sayangnya tidak disertai dengan kenaikan subsidi dan match-fee. Untuk dua tersebut, jumlahnya sama dengan tahun penyelenggaraan sebelumnya. 

Untuk tuan rumah fase grup, akan diberikan subsidi sebesar Rp 800 juta per klub.  Sementara untuk tim tamu akan mendapatkan subsidi perjalanan sebesar Rp 100 juta, kecuali Persipura Jayapura dan Perseru Serui yang masing-masing mendapatkan Rp 125 juta mengingat jarak tempuh mereka. 

Untuk match-fee setiap pertandingan fase grup, tim pemenang akan mendapatkan Rp 125 juta. Tim yang kalah dapat Rp 75 juta dan yang finis dengan hasil imbang mendapatkan masing-masing Rp 100 juta. 

Piala Presiden 2018 ini rencananya akan diikuti oleh 20 klub yang terdiri dari 15 tim Liga 1, tiga tim promosi dari Liga 2, dan dua tim peringkat empat dan lima. Namun dalam manajer meeting yang digelar kemarin di tempat yang sama, ada dua tim yang tidak hadir yakni PSM Makassar dan Persipura Jayapura. ***

 

Baca Juga

Komdis PSSI Keluarkan Putusan, Ini Sanksi untuk Arema FC

JAKARTA, (PR).- Surat putusan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI terkait pelanggaran disiplin yang dilakukan Arema FC pada saat pertandingan melawan Persib Bandung, Minggu 15 April 2018 akhirnya diterima oleh manajemen Arema.

Febri Hariyadi Kembali Dipanggil Timnas U-23

JAKARTA, (PR).- Sebanyak 24 pemain kembali dipanggil Pelatih Timnas U-23 Luis Milla untuk menjalani pelatnas singkat jelang laga uji coba internasional dalam Turnamen Anniversary Cup 2018.