Aturan Piala Presiden 2018 Tak Berubah

Piala Presiden 2018/DWI SETYADI/PR

JAKARTA, (PR).- Regulasi terkait pemain untuk Piala Presiden 2018 tidak mengalami perubahan. Aturan main terkait pendaftaran pemain masih sama dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. 

"Secara umum, persyaratan pendaftaran pemain tak beda jauh dengan musim lalu. Mungkin hanya jumlah pemain yang didaftarkan mengalami perubahan. Selebihnya tak berbeda jauh," kata anggota Panitia Penyelenggara (Organizing Committee) Piala Presiden Tigor Shalom Boboy sesuai rilis yang dikirimkan ke "PR", Rabu 10 Januari 2018. 

Dalam draft yang dikirimkan oleh ke semua klub peserta Piala Presiden. Dalam implementasi teknis disebutkan jika klub setidaknya bisa sekurang-kurangnya 18 pemain dan sebanyak-banyaknya 36 pemain. 

"Tapi yang wajib, tiap klub harus mendaftarkan 7 pemain dengan usia U-23. Dengan kelahiran 1 Januari 1996 dan setelahnya. Lalu, untuk pemain asing, klub boleh mendaftarkan hingga empat nama, dengan komposisi tiga non Asia dan satu pemain Asia," tuturnya.

Para pemain yang didaftarkan wajib memenuhi dokumen persyaratan pendaftaran khusus pemain dan ofisial asing, yakni memiliki Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku. 

Pihaknya, ujar Tigor, akan mulai membuka pendaftaran pemain mulai 10 Januari kemarin hingga satu hari jelang laga perdana pada masing-masing grup. Persib Bandung kali ini tergabung di Grup A bersama Sriwijaya FC, PSMS Medan dan PSM Makassar.

Belum terkonfirmasi

Sementara itu terkait dengan pernyataan dari Sekretaris Menteri Pemuda dan Olah Raga (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Broto akan larangan menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung sebagai venue pembuka dan pelaksanaan pertandingan Grup A Piala Presiden 2018, Tigor mengaku pihaknya belum bisa mengonfirmasi.

Menurutnya, CEO PT Liga Indonesia Baru yang juga merupakan anggota OC Piala Presiden, Risha Adi  Wijaya yang melakukan komunikasi dengan pihak disorda Kota Bandung. "Belum ada konfirmasi. Karena Pak Risha yang berkomunikasi dengan pihak Disorda. Tapi sejauh ini belum ada perubahan," ungkapnya. 

Sebelumnya, Gatot mengatakan jika penggunaan GBLA tidak diizinkan oleh PU-PR sebagai penanggung jawab infrastruktur venue Asian Games. GBLA sendiri merupakan salah satu dari enam stadion di Jakarta dan Jawa Barat yang dipersiapkan untuk pertandingan cabang sepak bola di Asian Games 2018, Agustus mendatang. 

"Yang jelas tidak diizinkan oleh PUPR. Karena stadion ini masuk dalam stadion yang akan direhabilitasi untuk persiapan Asian Games.. Ada enam stadion di Jakarta dan Jawa barat yang dipersiapkan untuk Asian Games. Proses rehabilitasi mulai pertengahan bulan ini. Berjalan sekitar 6 bulan. Karena harus selesai setidaknya tiga bulan sebelum pelaksanaan Asian Games, Agustus nanti," ungkapnya.***

Baca Juga

Ini Alasan Stadion GBLA Jadi Tempat Pembukaan Piala Presiden

JAKARTA, (PR).- Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung akan menjadi venue pembukaan Piala Presiden 2018. Kepastian itu diterima oleh "PR" lewat rilis resmi yang keluarkan PSSI, Selasa 9 Januari 2018.

Rahmad Darmawan Puji Strategi Persib

BANDUNG, (PR).- Sriwijaya FC harus rela menelan kekalahan di laga perdana Grup A Piala Presiden 2018. Melawan Persib Bandung, skuat asuhan Rahmad Darmawan menyerah dengan skor tipis 1-0.

Persib Masih Gunakan Jersey Lama di Piala Presiden

BANDUNG, (PR).- Persib Bandung masih memakai model jersey yang dipakai pada Liga 1 musim lalu pada pelaksanaan Piala Presiden 2018 yang akan mulai bergulir pada tanggal 6 Januari sampai dengan 4 Februari mendatang.

Bojan Malisic: Bobotoh Persib "Amazing"

BANDUNG, (PR).- Tampil perdana di hadapan ribuan bobotoh pada laga perdana Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa 16 Januari 2018, bek Persib Bojan Malisic tak merasa grogi.