Ini Alasan Stadion GBLA Jadi Tempat Pembukaan Piala Presiden

Stadion Gelora Bandung Lautan Api/DEDEN IMAN/PR

JAKARTA, (PR).- Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung akan menjadi venue pembukaan Piala Presiden 2018. Kepastian itu diterima oleh "PR" lewat rilis resmi yang keluarkan PSSI, Selasa 9 Januari 2018.

Laga Persib melawan Sriwijaya FC pada Selasa, 16 Januari 2018 mendatang akan jadi laga perdana turnamen pra musim Liga 1 2018. Pertandingan direncanakan akan berlangsung pada pukul 15.30 WIB. Persib sendiri akan berada di Grup A. Selain bersama Sriwijaya FC, "Maung Bandung" juga akan bersaing dengan PSM Makassar dan PSMS Medan. 

Panitia Pelaksana Piala Presiden 2018, Risha Adi Widjaya, mengatakan bahwa seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, tahun ini Presiden Joko Widodo akan membuka turnamen.

"Kami juga akan menampilkan serangkaian acara pada pembukaan tersebut," katanya. Sayangnya, ia belum bisa membocorkan rangkaian acara pembukaan yang akan dilakukan nanti.

Terpilihnya Bandung berdasarkan kepada beberapa aspek. Yakni, dengan melihat dari sisi euforia penonton, kapasitas stadion, ketersediaan akomodasi, kemudahan transportasi, dan faktor lainnya.

Selain Bandung, ada empat kota lagi yang menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Presiden 2018, yakni Balikpapan, Bali, Surabaya, dan Malang.

Grup A

Tim yang tergabung di Grup A adalah tuan rumah Persib Bandung,  Sriwijaya FC, PSM Makassar, dan PSMS Medan. Lawan-lawan yang akan dihadapi oleh Persib ini akan membuat jalannya pertandingan semakin seru. Sebagaimana diketahui, PSMS Medan saat ini dilatih oleh Djadjang Nurdjaman yang sukses membawa Persib meraih gelar juara Liga Super Indonesia 2014 dan Piala Presiden 2015.

Grup B

Balikpapan, tepatnya Stadion Batakan, akan menjadi tuan rumah untuk laga penyisihan Grup B. Di grup itu akan bersaing, tuan rumah Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Martapura FC, dan Barito Putra. Untuk di laga di Grup B ini, akan dibuka oleh pertandingan antara Mitra Kukar kontra Barito Putera pada 17 Januari mendatang pada pukul 16.30 WIB. 

Grup C

Di Grup C sendiri ada tim promosi Liga 1, Persebaya Surabaya yang akan menjadi tuan rumah. Persebaya akan bersaing dengan Madura United, Perseru Serui, dan PS TNI. Laga Grup C ini akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pertandingan di grup ini akan dimulai pada 18 Januari 2018, yang mempertemukan Persebaya versus PS TNI. 

Grup D

Di Grup D, Bali United akan bertindak sebagai tuan rumah. Pertandingan di grup yang berisikan tim ibukota, Persija Jakarta, PSPS Riau, dan Borneo FC ini akan berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali. Laga pembuka di grup ini mempertemukan Bali United dan Borneo FC pada 19 Januari 2018. 

Grup E

Terakhir, di Grup E, ada sang juara bertahan Arema FC, juara Liga 1 2017 Bhayangkara FC, PSIS Semarang, dan Persela Lamongan. Untuk pertandingan pertama grup ini akan berlangsung pada 20 Januari 2018 di Stadion Kanjuruan, Malang, antara Arema dan PSIS Semarang. 

"Untuk penentuan pembagian grupnya, pertama jelas berdasarkan tuan rumah. Kemudian pertimbangan kami berikutnya berdasarkan peringkat tim pada kompetisi Liga 1 2017, faktor geografis dan kepentingan komersial," ujar Risha menambahkan. 

Jika melihat dari Stadion yang dirilis panpel, sebenarnya ada beberapa perubahan. Stadion Batakan sendiri terpilih setelah kabarnya PSM tidak bersedia menjadi tuan rumah. Hingga alternatif pun di Batakan. 

Sementara untuk Stadion Kanjuruan, saat ini menurut media officer Arema FC, Sudarmadji memang masih dalam tahap akhir renovasi. Tapi pihaknya memang mendaftarkan ke PSSI stadion ini sebagai venue pertandingan penyisihan dan dipastikan renovasi akan selesai sebelum kick-off laga Grup E.

Lalu, untuk Grup C, sebelumnya ada opsi untuk menggunakan Gelora Delta Sidoarjo. Stadion ini juga awalnya menjadi salah satu opsi venue pembukaan Piala Presiden 2018, tapi kemudian dibatalkan dan terpilihlah GBLA.***

Baca Juga

Piala Presiden 2018 Ajang Panaskan Mesin Persib

BANDUNG, (PR).- Gelaran Turnamen Piala Presiden 2018 segera bergulir mulai 19 Januari 2018. Semua tim yang akan ikut serta termasuk Persib Bandung pun kini tengah bersiap untuk menjajal kemampuan di ajang itu.

Aturan Piala Presiden 2018 Tak Berubah

JAKARTA, (PR).- Regulasi terkait pemain untuk Piala Presiden 2018 tidak mengalami perubahan. Aturan main terkait pendaftaran pemain masih sama dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. 

Persib, Laga Klasik, dan Kerinduan Djadjang Nurdjaman

BANDUNG, (PR).- Piala Presiden 2018 siap dimulai Selasa, 16 Januari 2018. Prosesi pembukaan sekaligus berbagai pertandingan Grup A akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung.