Panpel Persib Siapkan Dua Alternatif Stadion untuk Piala Presiden 2018

Stadion Gelora Bandung Lautan Api/DEDEN IMAN/PR

BANDUNG, (PR).- Panitia penyelenggara (Panpel) Persib telah menyiapkan dua stadion alternatif untuk tempat pelaksanaan Piala Presiden 2018. Dua stadion tersebut yakni Gelora Bandung Lautan Api dan Si Jalak Harupat.

Piala Presiden 2018 rencananya akan mulai digelar pada tanggal 16 Januari mendatang.

General Coordinator Panpel Persib, Budhi Bram Rachman mengatakan, berdasarkan informasi terakhir Bandung ditunjuk menajdi salah satu tuan rumah penyelenggara Piala Presiden. Meski baru sebatas pernyataan lisan dari PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator, Bandung siap jika memang nantinya menjadi salah satu penyelenggara even yang dijadikan sebagai turnamen pra musim jelang Liga 1 musim depan.

“PT. Liga Indonesia Brau menunjuk Persib sebagai salah satu tuan rumah dari lima kota yang akan menyelenggarakan Piala Presiden yaitu Bali, Makassar, Surabaya, dan Malang. Kita baru sebatas melakukan koordinasi dengan pengelola stadion GBLA dan Jalak Harupat, karena kita menilai dua stadion tersebut paling siap,” tutur Bram saat ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kamis, 4 Januari 2018.

Dia menuturkan, salah satu kendala yang dihadapi saat ini adalah rencana renovasi lima stadion yang ada di Jawa Barat untuk pelaksanaan Asian Games, dimana GBLA dan Jalak Harupat juga masuk kedalam stadion yang akan direnovasi oleh pemerintah pusat.

“Kami juga belum tahu seperti apa teknisnya, karena baru lisan. Renovasi menjadi salah satu kendala tapi kita belum tahu kapan dimulainya. Kalau masih diberi kesempatan menggelar Piala Presiden mudah-mudahan salah satu stadion bisa digunakan,” katanya.
 

Belum ada alternatif lain

Panitia penyelenggara Persib juga sudah melakukan koordinasi dengan manajemen terkait persiapan pelaksanaan Piala Presiden ini. Manajemen juga telah menyarankan untuk melihat stadion mana yang paling siap, dan dari hasil rekomendasi dipilih anatara Gelora bandung lautan Api dan Jalak Harupat.

Saat ini Panpel belum memikirkan stadion alternatif lainnya jika nantinya GBLA dan Jalak Harupat tidak bisa digunakan, karena renovasi untuk persiapan Asian Games. Namun, Bram berharap, jika memang akan di renovasi, pelaksanannya bisa setelah selesai Piala Presiden.

Seperti diketahui pantia Asian Games Inasgoc menunjuk lima stadion yang ada di Jawa Barat menjadi tempat pelaksanaan cabang olah raga sepak bola Asian Games yaitu Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Kota Bandung), Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Pakan Sari (Kabupaten Bogor), Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), dan Patriot Chandrabhaga (Kota Bekasi).

Sebagai bagian dari persiapan pesta olah raga multieven terbesar di Asia tersebut, pemerintah pusat akan melakukan renovasi di lima stadion ini. Selama amsa renovasi, maka otomatis stadion tidak bisa digunakan untuk melakukan pertandingan.

LANGIT biru dengan awan putih menghiasi Stadion Si Jalak Harupat dengan kursi penonton setelah renovasi di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Kamis (28/2).

Sejarah Piala Presiden

Piala Presiden pertama kali dilaksanakan pada 2015, tepatnya tanggal 30 Agustus-18 Oktober 2015. Sebanyak 16 klub terlibat di dalamnya, terdiri atas 13 klub dari QNB League (liga tertinggi ketika itu) dan tiga klub dari Divisi Utama dengan operator oleh operator Mahaka Sports and Entertainment.

Pada edisi pertama ini, Persib Bandung menjadi juara setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor 2-0. Tujuan awal dilaksanakannya kompetisi tersebut adalah untuk mengisi even sepak bola di Indonesia akibat adanya sanksi dari FIFA.

Berbeda dengan tahun 2015, pada pelaksanaan tahun 2017, tepatnya 4 Februari-12 Maret, Piala Presiden dilaksanakan sepenuhnya oleh PSSI dengan dukungan beberapa sponsor. Federasi membentuk kepanitiaan yang akan bekerja sama dengan panitia lokal di tempat pertandingan.

Juara di edisi kedua ini adalah Arema FC setelah mengalahkan Pusamania Borneo FC dengan skor 5-1 di partai final.***

Baca Juga

Jadi Pahlawan Persib, Ini Perasaan Oh In-kyun

BANDUNG, (PR).- Oh In-kyun menjadi pahlawan untuk Persib pada pertandingan perdananya di Piala Presiden 2018 saat melawan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa 16 januari 2018.

Persib vs Sriwijaya FC Ajang Reuni Gomez-RD

BANDUNG, (PR).- Tak hanya menjadi ulangan Final Piala Presiden 2015, laga pembuka Piala Presiden 2018, Persib Bandung vs Sriwijaya FC pun akan menjadi reuni bagi pelatih kedua tim.