Ini Lokasi-lokasi Favorit Persib untuk Pemusatan Latihan

TIM Persib Bandung saat melakukan latihan perdana pada pemusatan latihan di Pantai Barat Pangandaran.*
Latihan Persib di Pangandaran/M. ILHAM PRATAMA/PR
TIM Persib Bandung saat melakukan latihan perdana pada pemusatan latihan di Pantai Barat Pangandaran.*

PERSIB baru saja menyelesaikan pemusatan latihan untuk mempersiapkan tim menghadapi Piala Presiden 2018 dan Liga 1 musim depan. Selama delapan hari, pelatih kepala Persib Roberto Carlos Mario Gomez menempa anak asuhnya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada rentang 21-29 Desember 2017.

UNY dipilih karena tempat tersebut memiliki fasilitas olah raga yang cukup memadai. Selain itu, dengan kondisi cuaca panas di Yogyakarta, diharapkan para pemain bisa dengan mudah beradaptasi ketika mereka menjalani laga demi laga di berbagai daerah dengan kondisi cuaca yang berbeda-beda.

Ini merupakan kali pertama Persib memilih Yogyakarta sebagai tempat pemusatan latihan. Sebelumnya skuad Maung Bandung juga sering melakukan pemusatan latihan, dengan lokasi masih di sekitar wilayah Jawa Barat.

Berikut adalah beberapa daerah yang kerap dijadikan Persib untuk pemusatan latihan:

Ciamis dan Pangandaran

Saat Persib masih dilatih Djadjang Nurdjaman, pemusatan latihan dilakukan di Ciamis dan Pangandaran. Pada persiapan Liga Super Indonesia (LSI) 2013 dan 2014, Djanur memilih Stadion Galuh di Ciamis, dan kawasan Ppantai Pangandaran untuk menempa fisik Makan Konate dkk.

Begitu juga yang dilakukan saat Persib menyiapkan diri menghadapi ISC 2016 di bawah asuhan Dejan Antonic. Saat itu, skuad Maung Bandung melakukan pemusatan latihan dan pertandingan uji coba di Stadion Galuh.

Subang

Subang menjadi salah satu destinasi favorit Persib ketika mereka melakukan pemusatan latihan. Tercatat Pangeran Biru pernah melakukan pemusatan latihan di kota nanas ini pada rentang tahun 1985-1995.

Yang menarik, Subang seolah menjadi faktor keberuntungan bagi Maung Bandung. Ada ungkapan yang menyebutkan jika Persib melakukan pemusatan latihan di Subang maka mereka akan tampil sebagai juara. Sebut saja seperti saat Persib menjuarai Kompetisi Perserikatan tahun 1986, 1990, dan 1994.

Liga Indonesia I 1994-1995 serta perempat final Piala Champions Asia 1995-1996 pun diawali dengan pemusatan latihan di Subang. Terakhir, pada tahun 2014, Persib melakukan pemusatan latihan di Subang dan berhasil menjadi juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

BUPATI Subang Ojang Sohandi (kanan) bersama Ketua DPRD Benny Rudiono, Kapolres Harry Kurniawan, Manajer Persib Umuh Muchtar, Pelatih Djadjang Nurdjaman serta para pemain diarak naik Sisingaan dari Wisma Karya menuju Aula Rumah Dinas Bupati, Sabtu (29/11/2

Subang dipilih, selain dari segi jarak sangat dekat dengan Kota Bandung, juga memiliki beeberapa fasilitas yang cukup memadai. Salah satunya adalah Stadion Persikas. Bahkan, jika Persib telah menjalani serangkaian latihan, para pemain melakukan relaksasi dengan berendam air hangat yang terdapat di pemandian air hangat alami di sekitar Ciater, Subang.

Lembang

Wilayah Cikole di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, juga kerap dijadikan sebagai tempat pemusatan latihan Persib. tempat ini dipakai khsususnya untuk meningkatkan kekuatan fisik pemain. Dipilihnya tempat ini karena memiliki kontur geografi yang sangat memadai untuk menjaga daya tahan tubuh dan fisik.

Terakhir kali Persib menjalani pemusatan latihan di Cikole yaitu saat melakukan latihan fisik dengan melakukan cross country menghadapi bergulirnya Liga Super Indonesia 2013 dan LSI 2014. Selain harus melalui medan yang cukup berat, para pemain juga harus menempuh jalur yang variatif berjaraj mulai 7,5 kilometer hingga 10 kilometer.

PARA pemain  Persib Bandung mengikuti sesi latihan lari lintas alam  (cross country) di Cikole Jayagiri Resort, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (12/9/12). Latihan di kawasan pegunungan itu ditujukan untuk meningkatkan kondisi fisik teruta

Para pemain harus berlari dengan udara yang relatif tipis karena ketinggian daerah Lembang dan sekitarnya. Latihan ini dilakukan selain untuk melihat sejauh mana daya tahan tubuh juga untuk meningkatkan VO2Max. Seperti diketahui, latihan di daerah dataran tinggi bisa meningkatkan kemampuan daya tahan jantung dan paru-paru.

Jarak tempuh yang telah diselesaikan oleh pemain pada saat lari lintas alam mulai dari 7 kilometer, 10 kilometer, 15 kilometer, hingga 17 kilometer. Jalurnya memberikan porsi latihan yang komplit mulai dari tanjakan, turunan, dan jalan datar.

Dengan medan latihan yang bervariasi, sangat berdampak positif bagi fisik pemain terutama kerja otot kaki dan paha. "Kenapa di sini, karena kita semua tahu bahwa di dataran tinggi pegunungan ini oksigennya tipis. Sehingga diharapkan kalau sudah tiga sampai empat kali di sini, saya harapkan aerobik pemain meningkat," tutur Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, saat itu.

Kota Cirebon

Kota Cirebon juga pernah menjadi tempat pemusatan latihan Persib saat mereka melakukan pemusatan latihan di Stadion Bima selama satu pekan. Dipilihnya Kota Cirebon, karena selain memiliki cuaca yang panas, juga memiliki fasilitas olah raga yang cukup baik.

Pemusatan latihan Persib di kota udang ini pernah dilakukan saat mereka bersiap menghadapi Liga Super Indonesia 2010-2011 dan Liga Super Indonesia 2013.***

Baca Juga

Merayakan Status Baru Gelandang Persib Hariono

PERASAAN bahagia sedang melanda gelandang bertahan andalan Persib, Hariono. Setelah menikah selama tiga tahun, pemilik nomor punggung 24 ini akhirnya menjadi seorang ayah.

Persib Bawa 22 Pemain Saat Pemusatan Latihan di Yogyakarta

BANDUNG, (PR).- Tim Persib membawa 22 pemainnya yang baru saja dikontrak untuk menjalani pemusatan latihan (training camp/TC) di Yogyakarta. Pemusatan latihan ini akan berlangsung selama 9 hari, yaitu 21-29 Desember 2017.

Enam Pemain Persib Absen ke Batam

BANDUNG, (PR).- Persib hanya membawa 19 pemainnya saat melakukan pertandingan uji coba di Batam. Ada enam pemain yang ternyata tak ikut serta ke Batam.

Oh In Kyun Cetak Sejarah Baru Persib

BANDUNG, (PR).- Manajemen Persib resmi memperkenalkan tiga pemain barunya. Mereka adalah dua pemain asing dan satu pemain lokal.